STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK MA ATTHOHIRIYAH

PUTRI AL’KAY SUTANTO, 12201193183 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK MA ATTHOHIRIYAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Peserta Didik MA At-Thohiriyah” yang ditulis oleh Putri Al’kay Sutanto, NIM. 12201193183, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar peserta didik terutama di MA terhadap sejarah kebudayaan islam yang mana pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang didalamnya menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan hingga kebudayaan/peradaban islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah islam di masa lampau. Karena pelajaran tersebut membahas mengenai sejarah ini membuat minat peserta didik untuk mempelajari mata pelajaran tersebut sangat kurang. Hal ini membuat guru sebagai pendorong peserta didiknya untuk lebih kreatif dan inovatif lagi dalam menyampaikan materi pelajaran tersebut sehingga siswanya tidak merasa bosan dan jenuh dalam menerima materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan tahap perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan islam pada peserta didik MA At-Thohiriyah 2) Untuk mendeskripsikan metode guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan islam pada peserta didik di MA At-Thohiriyah 3) Untuk mendeskripsikan perangkat kegiatan yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan islam di MA At-Thohiriyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, display data dan kesimpulan. Peneliti melakukan pengecekan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perencanaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sejarah kebudayaan islam di MA At-Thohiriyah yang didalamnya memuat KI,KD,indikator, metode dan bahan ajar 2) Metode pembelajaran yang digunakan guru sejarah kebudayaan islam di MA At-Thohiriyah dengan metode make a match 3) Perangkat kegiatan atau media pembelajaran yang digunakan pada MA At-Thohiriyah adalah media audio visual serta menggunakan lembaran kertas buffalo untuk metode make a match. Kata Kunci : Strategi, Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Sejarah Kebudayaan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193183 Putri Al’kay Sutanto
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:44
Last Modified: 29 Aug 2023 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39009

Actions (login required)

View Item View Item