ALIFIA NURIL SALMA, 12201193083 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SMAN 1 PACET MOJOKERTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas X Melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto” ini ditulis oleh Alifia Nuril Salma, NIM 12201193083, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tahun 2023 dibimbing oleh Dr.Mohammad Ja‟far AsShodiq, S.Kom, M.Pd.I Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Budaya Religius Penelitian ini dilatarbelakakngi oleh globalisasi dan budaya modern yang tumbuh semakin pesat di masyarakat dengan membawa berbagai pengaruh baik dan buruknya. Budaya buruk dari globalisasi dan budaya modern yang di khawatirnya akan berpengaruh terhadap moral dan keimanan generasi muda dibutuhkan tameng yang kuat untuk membentengi generasi muda dari pengaruh-pengaruh negative globalisasi dan budaya modern, tameng yang kuat salah satunya adalah dengan memiliki karakater religius. Karakter religius dibentuk melalui pendidikan baik pendidikan yang ada di sekolah maupun pendidikan yang didapatkan dari keluarga maupun masyarakat. Pendidikan sebagai aspek penting dalam pengembangan diri seseorang. Pendidikan baik formal maupun non formal adalah sebuah aspek penting untuk membentuk moral dan budi pekerti seseorang. Salah satu peran utama dalam pembentukan karakter religius adalah sekolah dan guru utamanya guru Pendidikan Agama Islam yang berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik terutama karakter religius. Untuk membentuk karakter religius di sekolah perlu adanya sebuah program yaitu salah satunya program penerapan budaya religius. Fokus penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: (1)Bagaimana Perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religus Peserta Didik kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto? (2) Bagaimana Pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik kelas X Melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto? (3) Bagaimana Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto?. Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: (1)Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto (2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian ini di SMAN 1 Pacet Mojokerto, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara mendalam,dan dokumentasi. Dalam penelitian ini kehadiran peneliti sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data,analisis data dan menafsirkan hasil penelitiannya di akhir. Hasil penelitian (1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet meliputi: a) Perencanaan dilakukan dengan menyusun program-program kegiatan budaya religius yang dilaksanakan di luar kelas baik itu kegiatan rutin setiap hari, rutin setiap bulan serta kegiatan-kegiatan PHBI, b)Menyusun jadwal pertingkat kelas dalam pelaksanaannya, perencanaan ini dilakukan oleh Tim IMTAQ yang terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam dan guru yang memiliki kompetensi di bidang agama Islam, c) Perencanaan kegiatan-kegiatan pembiasaan sebelum pembelajaran yang direncanakan dengan RPP,d) Penyusunan proposal untuk kegiatan PBHI . (2) Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas X melalui Budaya Religius adalah dengan merapkan kegiatan di dalam kelas yaitu: a)Pembiasaan berdoa‟a sebelum dan sesudah belajar, b)Tadarus sebelum pembelajaran PAI di mulai,c) Nasehat dan tauladan yang diberikan oleh bapak/ibu dewan guru, d) sholat dhuha berjamaah,e) sholat dhuhur dan ashar berjamaah,f) sholat Jum‟at berjamaah,g)istighosah,h)infaq,i) qultum,j)membaca surat Yasiin dan tahlil,j)Ekstrakulikuler remaja masjid,k) Peringatan PBHI.3) Evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas X melalui Budaya Religius di SMAN 1 Pacet Mojokerto adalah dengan a)absensi kegiatan rutin yang di evaluasi setiap bulan dengan rekap, melalui absensi akan diketahui mana peserta didik yang tidak bisa mengikuti kegiatan dengan baik yang selanjutnya aka nada tindak lanjut dengan pembinaan oleh bapak/ibu guru yang berwenang, b) Evaluasi kegiatan budaya religius di dalam kelas dilakukan dengan tes tulis maupun lisan yang dilaksanakan oleh guru PAI.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193083 Alifia Nuril Salma |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 05:51 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 05:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39015 |
Actions (login required)
View Item |