MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

ANISA AULIA WAHYUNINGRUM, 12207193116 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Budaya Religius di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” yang ditulis oleh Anisa Aulia Wahyuningrum, NIM 12207193116, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Budaya Religius Budaya religus sangat penting untuk diterapakan di sekolah untuk memberikan pengetahuan mengenai ajaran-ajaran agama yang nantinya akan membentuk akhlah serta etika yang baik pada peserta didik. Budaya religius yang kuat dan efektif dapat menggerakkan seluruh guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter yang lebih baik, sehingga siswa mampu belajar dengan tenang dan dapat membuat pembelajaran siswa lebih meningkat. Salah satunya melalui upaya pembentukan karakter peserta didik dengan cara diadakannya penerapan budaya religius di sekolah. Budaya religius di sekolah dapat membantu peserta didik untuk mengenal dan menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari Fokus pada penilitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang, 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang, 3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang?. Dengan Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang, 3) Untuk mengetahui hambatan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti mengumpulkan data-data yang diuraikan secara deskriptif melalui kata-kata dan bukan dengan uraian angka-angka, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mandalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triagulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang Kegiatan Kesiswaan di MTs Assyafi’iyah dimulai dari perencanaan pada setiap awal semester dengan pembentukan tim yang sudah ditugaskan untuk melaksanakan progran yang direncanakan mulai. 2) Pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang. bentuk-bentuk kegiatan religius yang dilakasanakan di MTs Assyaf’iiyah Gondang ada beberapa macam yaitu sholat dhuhur berjama’ah, sholat dhuha, membaca Al qur’an, tahfidz, infaq, yasin dan tahlil. 3) Evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan budaya religius di MTs Assyafi’iyah Gondang. Evaluasi kegiatan kesiswaan dilakukan setiap hari dan didukung dilaksanakan rapat setiap tengah semester dan akhir semester dilakukan dengan pengawasan perilaku siswa oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207193116 Anisa Aulia Wahyuningrum
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:15
Last Modified: 22 Aug 2023 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39073

Actions (login required)

View Item View Item