PENGEMBANGAN BUKU KIMIA INTERAKTIF MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X

ARINA WALDATI FADLLAA, 12212183080 (2023) PENGEMBANGAN BUKU KIMIA INTERAKTIF MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengembangan Buku Kimia Interaktif Materi Perkembangan Teori Atom Terintegrasi Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Jenjang Sekolah Menengah Atas Kelas X” ini ditulis oleh Arina Waldati Fadllaa, NIM. 12212183080, dengan pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: Buku Kimia, Interaktif, Perkembangan Teori Atom, Augmented Reality Pembelajaran kimia pada materi perkembangan teori atom merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak yang jika ditinjau dengan representasi ilmu kimia, materi ini memenuhi representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Keabstrakan materi ini menyebabkan terjadinya kesulitan siswa dalam memahami materi dan berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada materi. Metode guru yang cenderung menggunakan metode ceramah dan sumber serta media pembelajaran yang cenderung menggunakan media konvensional memperbesar kesulitan siswa dalam mempelajari materi ini. Kesulitan siswa dalam memahami konsep yang abstrak dapat diatasi dengan penggunaan media pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi augmented reality didalamnya. Penggunaan teknologi augmented reality memungkinkan pembelajaran kimia dengan penyajian konten secara terpadu sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku kimia interaktif materi perkembangan teori atom terintegrasi teknologi augmented reality untuk jenjang SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengam model penelitian 4D. model penelitian 4D kemudian dimodifikasi sehingga menjadi 3D dengan tahapannya yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk buku yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator materi dan media yang terdiri dari dua dosen dan satu guru. Produk yang telah divalidasi kemudian direvisi sesuai dengan saran dan masukan validator. Selanjutnya, produk diujicobakan dalam kelas terbatas untuk mengetahui respon peserta didik pada produk. Buku kimia interaktif materi perkembangan teori atom terintegrasi teknologi augmented reality yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dari segi materi dengan persentase rata-rata 91,71% dan memenuhi kriteria sangat layak dari segi media dengan persentase rata-rata sebesar 88,89%. Hasil respon siswa pada kelas terbatas mendapatkan hasil sangat baik dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 92,75%. Dengan demikian buku yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212183080 Arina Waldati Fadllaa
Date Deposited: 21 Aug 2023 11:42
Last Modified: 21 Aug 2023 11:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39078

Actions (login required)

View Item View Item