MUHAMMAD ABDUL MUKLIS, 12204193145 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN DI MTS NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (881kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Abdul Muklis, NIM 12204193145, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: E-modul, Flipbook, Lingkaran, Hasil Belajar Penelitian dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal ini memunculkan berbagai inovasi dalam pendidikan salah satunya penggunaan media elektronik smartphone. Didukung siswa sekarang sudah banyak yang memiliki smartphone pribadi dan pada saat ujian, siswa menggunakan ujian berbasis android. Berdasarkan hal tersebut peneliti memanfaatkan e-modul sebagai bahan penelitian. Untuk membuat E-modul lebih menarik maka dibuatkanlah e-modul berbasis flipbook. E-modul berbasis flipbook merupakan sebuah aplikasi yang membuat e-modul menyediakan banyak fitur yang menarik, seperti penambahan audio, video, animasi, video YouTube dan e-modul dapat di bolak-balik layaknya sebuah buku asli. Melalui pengembangan e-modul berbasis flipbook diharapkan mampu menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di MTs Negeri 6 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi lingkaran di MTs Negeri 6 Tulungagung yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik dari kelas VIII-D dan 30 peserta didik dari kelas VIII-E MTsN 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan data presentase validasi, kepraktisan, keefektifan dan uji beda U-Mann Whitney.Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh 1) proses pengembangan e-modul berbasis flipbook melaui tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2) e-modul berbasis flipbook yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Hasil dari uji validasi oleh para ahli, menunjukkan e-modul berbasis flipbook memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase sebesar 85,63% dari ahli materi dan 83,75% dari ahli media. Berdasarkan hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket, rata-rata presentase sebesar 85,4% dari respon siswa dan 93,75% dari respon guru. Sedangkan uji keefektifan dengan dilakukan uji beda Mann Whitney terhadap hasil tes siswa, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 73%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mahasiswa 12204193145 Muhammad Abdul Muklis |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 06:53 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39087 |
Actions (login required)
View Item |