DEWI INTAN MARATIN, 17204163276 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI MATRIKS KELAS XI DI SMK IBNU KHALDUN BALIKPAPAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI MATRIKS KELAS XI DI SMK IBNU KHALDUN BALIKPAPAN” ini ditulis oleh Dewi Intan Maratin, NIM. 17204163276, Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, Gaya Kognitif Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep dan prosedur dalam melakukan penyelesaian masalah yang ada. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan konseptual dan prosedural siswa adalah tipe kognitif yang dimiliki siswa. Tipe kognitif tersebut digolongkan menjadi tipe FI dan FD. Tipe FI dalam penyelesaian soal cenderung memproses informasi secara terpisah dari konteks atau latar belakangnya. Sedangkan tipe FD dalam penyelesaian soal cenderung lebih memproses informasi dalam konteks yang lebih besar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan dengan gaya Kognitif Field Independent dalam menyelesaikan soal operasi matriks kelas IX SMK Ibnu Khaldun Balikpapan, dan (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan dengan gaya Kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan soal operasi matriks kelas IX SMK Ibnu Khaldun Balikpapan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa kelas XI.AK dengan tipe Kognitif FI dan 2 siswa kelas XI.AK dengan dengan tipe Kognitif FD.Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya kognitif, tes soal, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya kognitif FI dapat memenuhi semua indikator pemahaman konseptual yang ada, yaitu memahami konsep matematika, operasi dan hubungan antara konsep, memahami yang dianggap contoh dan bukan contoh dari konsep, menyebutkan prinsipprinsip matematika dan hubungan antara konsep tersebut, menerapkan dan menggunakan simbol, keadaan, dan proses untuk menyelesaikan masalah, dan memodelkan konsep dan menerjemahkannya ke dalam denotasi dan ide, selain itu juga dapat menenuhi semua indiaktor kemampuan prosedural yang ada yaitu, menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, mengurutkan suatu tindakan dalam menyelesaikan masalah, menerapkan atau menggunakan simbol untuk menyelesaikan masalah matematika, dan menjelaskan dan membenarkan suatu cara untuk menyelesaikan masalah, (2) Siswa dengan gaya kognitif FD tidak bisa memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan pada kemampuan prosedural hanya dapat memenuhi 1 indikator saja yaitu menerapkan atau menggunakan simbol untuk menyelesaikan masalah matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163276 DEWI INTAN MARATIN |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 01:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39090 |
Actions (login required)
View Item |