PENGARUH SEGREGASI KELAS BERBASIS GENDER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KEDISIPLINAN, DAN RELIGIUSITAS PADA SISWA DI MA MA’ARIF UDANAWU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 (Study Explanatory Mixed Method)

BADRIYAH, 12850621010 (2023) PENGARUH SEGREGASI KELAS BERBASIS GENDER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KEDISIPLINAN, DAN RELIGIUSITAS PADA SISWA DI MA MA’ARIF UDANAWU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 (Study Explanatory Mixed Method). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Segregasi Kelas Berbasis Gender Terhadap Motivasi Belajar, Kedisiplinan dan Religiusitas Pada Siswa di MA Ma’arif Udanawu Tahun Pelajaran 2022/ 2023 (Study Explanatory Mixed Method)” ini ditulis oleh Badriyah, dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Segregrasi kelas, gender, motivasi belajar, kedisiplinan, religiusitas Penelitian ini dilatar belakangi fenomena yang muncul dikelas laki- laki dan kelas perempuan dengan adanya pelaksanaan segregrasi kelas berbasis gender. Dalam hal ini peneliti menghubungkan dengan motivasi belajar, kedisiplinan dan religiusitas siswa di MA Ma’arif Udanawu tahun pelajaran 2022/2023. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap motivasi belajar pada siswa di MA Ma’arif Udanawu?; (2) Adakah pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap kedisiplinan pada siswa di MA Ma’arif Udanawu?; (3) Adakah pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap religiusitas pada siswa di MA Ma’arif? ; (4) Adakah pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap motivasi belajar, kedisiplinan dan religiusitas pada siswa di MA Ma’arif Udanawu?; (5) Bagaimana pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap motivasi belajar pada siswa di MA Ma’arif Udanawu?; (6) Bagaimana pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap kedisiplinan pada siswa di MA Ma’arif Udanawu?; (7) Bagaimana pengaruh segregasi kelas berbasis gender terhadap religiusitas pada siswa di MA Ma’arif Udanawu? Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method explanatory sequential, yaitu penelitian gabungan yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian diawali dari penelitian kuantitatif, kemudian diperdalam dengan penelitian kualitatif. Pada tahap terakhir, temuan dari dua penelitian akan digabungkan untuk dilakukan pembahasan dengan melakukan analisa, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh signifikan dari segregrasi kelas berbasis gender terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0,000 < 0,05, R Squared sebesar 0,425; (2) Ada pengaruh signifikan dari segregrasi kelas berbasis gender terhadap kedisiplinan siswa yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0,000 < 0,05, R Squared sebesar 0,227; (3) Ada pengaruh signifikan dari segregrasi kelas berbasis gender terhadap religiusitas siswa yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0,000 < 0,05, R Squared sebesar 0,172; (4) Ada pengaruh yang signifikan antara segregrasi kelas berbasis gender terhadap motivasi belajar, kedisiplinan, dan religiusitas secara simultan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan pada Roy’s Largest Root pada uji manova memiliki signifikansi 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05; (5) Pengaruh segregrasi kelas berbasis gender terhadap motivasi belajar pada kelas perempuan adalah membuat kondisi kelas lebih kondusif, siswa merasa nyaman belajar, kemandirian, inisiatif, kepercayaan diri, iklim kompetisi dan prestasi belajar meningkat. Sedangkan dikelas laki- laki, kondisi kelas kurang kondusif, banyak siswa yang tidur dikelas, tugas tidak dikerjakan, iklim kompetisi dan prestasi dibawah kelas perempuan; (6) Pengaruh segregrasi kelas berbasis gender terhadap kedisiplinan siswa dapat dilihat dari kondisi siswa dikelas laki- laki dimana siswa merasa tidak malu ketika melanggar tata tertib, poin pelanggaran dikelas laki- laki hampir sebagian siswa memiliki poin pelanggaran diatas 30 poin. Sedangkan kelas perempuan lebih tertib dan disiplin, pelanggaran tata tertib minim terjadi dan hanya sebagian kecil yang memiliki poin diatas 30; (7) Pengaruh segregrasi kelas berbasis gender terhadap religiusitas religiusitas dapat dilihat dari pembelajaran praktek ibadah dan partisipasi siswa dalam kegiatan madrasah diniyah kalangan remaja (Madikarama). Ketuntasan praktek ibadah dikelas perempuan semua tuntas diakhir semester sedangkan kelas laki-laki hampir tiap kelas ada 3- 5 siswa yang belum tuntas dan selanjutnya mengikuti madikarama semester berikutnya. Dalam kegiatan madikarama yang dikhususkan untuk siswa yang kurang dalam hal ubudiyah jumlah siswa dari kelas laki- laki lebih banyak daripada perempuan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621010 BADRIYAH
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:58
Last Modified: 23 Aug 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39115

Actions (login required)

View Item View Item