PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 KEDUNGWARU

NURUL MUFIDAH ISTIKOMAH, 12209193042 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Kedungwaru" ini ditulis oleh Nurul Mufidah Istikomah, NIM. 12209193042, Pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata kunci: Pengaruh, Aplikasi TikTok, Motivasi Belajar Latar belakang Penelitian ini adalah adanya siswa yang cenderung malas untuk belajar, kurang antusias pada saat mengikuti proses belajar mengajar, seringnya siswa mengantuk, melamun, serta berbicara dengan teman sebangkunya. Akan tetapi ketika mereka membuka aplikasi TikTok mereka terlihat senang dan asyik bahkan hingga lupa waktu. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar pada suatu mata pelajaran terutama pada mata pelajaran IPS menjadi kurang efektif .Sehingga perlu untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan melihat apakah motivasi belajar mereka dipengaruhi oleh Aplikasi TikTok yang biasa mereka gunakan atau karena faktor yang lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kedungwaru? (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kedungwaru?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kedungwaru, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kedungwaru. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F–VIII I SMPN 1 Kedungwaru yang berjumlah 137 siswa. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil dari uji hipotesis maka di dapatkan hasil sig = 0,019 (0,019 < 0,05) sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS; (2) Berdasarkan uji hipotesis maka didapatkan nilai (R) sebesar 0,393, menunjukan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang rendah. Sementara nilai R Square sebesar 15,5% sedangkan 84,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209193042 NURUL MUFIDAH ISTIKOMAH
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:26
Last Modified: 23 Aug 2023 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39119

Actions (login required)

View Item View Item