ANALISIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

IFA AKMALA HUSNIAWATI, 12210193125 (2023) ANALISIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (467kB)

Abstract

Husniawati, Ifa Akmala. 2023. Analisis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Puisi, Siswa. Puisi berkualitas adalah puisi yang memenuhi kriteria penulisan puisi. Salah satu kriteria tersebut adanya unsur fisik pada setiap puisi. Dengan demikian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan kriteria penulisan puisi perlu adanya analisis. Analisis tersebut untuk mengetahui secara teliti unsur apa saja yang ada dalam puisi siswa. Unsur yang dianalisis dalam penelitian ini berupa diksi, citraan, dan majas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil analisis puisi siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini peneliti merupakan instrumen utama sehingga kehadirannya sangat penting. MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung dipilih sebagai lokasi penelitian karena belum ada penelitian tentang analisis puisi siswa sehingga hal tersebut sangat menarik untuk diteliti. Data yang dipakai yakni berupa diksi, citraan, dan majas dari 46 puisi siswa. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisi data yang dilakukan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Prosedur penelitian melalui tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap pengolahan data, dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa unsur fisik puisi karya siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung sangat beragam. Diksi yang digunakan oleh siswa berupa diksi bersifat konotasi. Citraan yang digunakan berupa citraan penglihatan, pendengaran, perasaan, rabaan, dan gerak. Majas yang nampak pada puisi siswa adalah majas perbandingan dan majas penegasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi pembelajaran sehingga dapat menyampaikan kesulitannya pada guru dan sebagai bahan evaluasi hasil puisi yang telah dibuat sehingga kedepannya siswa bisa membuat karya yang lebih baik. Bagi guru bahasa Indonesia, diharapkan dapat memaksimalkan proses pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan dan dapat mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan hasil yang baik. Bagi penulis, diharapkan dapat menambah wawasan tentang unsur fisik puisi dan mendorong penulis menciptakan tulisan yang baik dengan diksi, citraan, dan majas yang indah. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang unsur puisi karya siswa dengan mengikuti teori yang ada sehingga penelitian yang dilakukan dapat bermanfaat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193125 IFA AKMALA HUSNIAWATI
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:45
Last Modified: 23 Aug 2023 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39124

Actions (login required)

View Item View Item