PROBLEMATIKA PESERTA DIDIKDALAM MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTsN 1 BLITAR

YULI KHUSNUL KHOTIMAH, 12201193290 (2023) PROBLEMATIKA PESERTA DIDIKDALAM MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Problematika Peserta Didik Dalam Mengikuti Program Tahfidz Al-Qur’an di MTsN 1 Blitar”, ditulis oleh Yuli Khusnul Khotimah, NIM 12201193290, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci :Problematika, Peserta Didik, Program Tahfidz Al-Qur’an Pada zaman sekarang ini banyak berbagai lembaga pendidikan Islam baik formal maupun non-formal yang memberikan fasilitas dengan berbagai program salah satunya program menghafal Al-Qur’an.Dalam menghafal Al- Qur’an pastilah ada problematika-problematika yang muncul, baik dari dalam diri maupun dari luar.Tidak dipungkiri sering kali penghafal Al-Qur’an ada yang menyerah karena tidak bisa mengatasi problematika yang dialami. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Problematika Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an dalam Program Tahfidz Al-Qur’an. (2) Faktor Internal dan Eksternal yang dialami Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an dalam Program Tahfidz Al-Qur’an. (3) Cara Guru Mengatasi Problematika Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an dalam Program Tahfidz Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Problematika Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an dalam Program Tahfidz Al- Qur’an di MTsN 1 Blitar.(2) Mengetahui Faktor Internal dan Eksternal yang dialami Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di MTsN 1 Blitar. (3) Mengetahui Cara Guru Mengatasi Problematika Peserta Didik Penghafal Al-Qur’an dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di MTsN 1 Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil data lapangan yang diperoleh dengan pendekatan metode penelitian kualitatifmenggunakan teknik observai, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Selanjutnya, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Problematika Program Tahfidz Al-Qur’an di MTsN 1 Blitar adalah kurangnya kedisiplinan pada peserta didik dan juga peserta didik belum mencapai target. Ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran kedisiplinan ini peserta didik masih banyak yang kurang disiplin seperti terlambat masuk kelas, bercanda dengan temannya, tidur di dalam kelas, kurang memanfaatkan waktu, dan menambah hafalan secara mendadak. Dengan ketidakdisiplinan itu peserta didik masih banyak yang belum memenuhi target dari madrasah yaitu 2 juz setiap tahunnya. 2) Faktor adanya problematika program Tahfidz Al-Qur’an di MTsN 1 Blitar adalah faktor psikologis yang meliputi rasa malas dan kurangnya motivasi, faktor waktu, dan juga faktor lingkungan yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan teman. 3) Cara guru dalam mengatasi problematika program Tahfidz Al-Qur’an di MTsN 1 Blitar adalah ini adalah dengan mengatasi faktor-faktor yang ada. Seperti memberikan semangat kepada peserta didik dengan selalu menumbuhkan motivasi, mengevalusi waktu pembelajaran yang kurang maksimal dan juga bekerja sama dengan orang tua agar membantu proses dalam menghafal serta menyarakan untuk bermukim di pondok pesantren dan memilih teman yang seperjuangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193290 YULI KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:51
Last Modified: 23 Aug 2023 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39128

Actions (login required)

View Item View Item