PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII A DI MTs NEGERI 9 JOMBANG

ANANDIFATUL ROHMAH, 12209193023 (2023) PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII A DI MTs NEGERI 9 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembentukan Sikap Sosial Siswa Melalui Metode Pembelajaran IPS Kelas VIII A di MTs Negeri 9 Jombang”ini ditulis oleh ANANDIFATUL ROHMAH, NIM 12209193023, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (T.IPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbingoleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Pembentukan Sikap Sosial, Metode Pembelajaran IPS Pada hakikatnya seorang manusia memiliki dua peranan yang penting dikehidupannya yakni sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial, tentunya pada saat kita berperan menjadi makhluk sosial kita akan berinteraksi dengan sesama yang mengakibatkan terbentuknya berbagai sikap sosial. Dalam hal tersebut, pemerintah memiliki strategi baru guna mendampingi individu untuk berinteraksi dengan sesama, salah satunya yakni dengan penerapan kurikulum 2013 yang diterapkan pada dunia pendidikan. Kurikulum 2013 berorientasi pada peningkatan soft skill dan hard skill pada siswa, sebab peran guru tidak hanya pada mengembangkan pengetahuan siswa tetapi juga membentuk karakter atau sikap pada siswa salah satunya yakni sikap sosial. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan guru IPS dalam membentuk sikap sosial siswa kelas VIII A di MTs Negeri 9 Jombang, 2) Bagaimana bentuk-bentuk serta indikator sikap sosial siswa yang dihasilkan melalui metode pembelajaran IPS kelas VIII A di MTs Negeri 9 Jombang, 3) Bagaimana dampak positif dari pembentukan sikap sosial siswa melalui metode pembelajaran IPS kelas VIII A di MTs Negeri 9 Jombang Guna mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. dengan penggunaan metode pengumpulan data yang dipergunakan yakni metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian, dan mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa, 1) guru menerapkan beberapa metode pembelajaran IPS yang dipergunakan untuk membentuk sikap sosial siswa yakni metode diskusi berbasis problem based learning, kerja kelompok, dan pemberian tugas individu. Penerapan metode pembelajaran tersebut juga didukung dengan kegiatan pembiasaan dan juga ekstrakulikuler yang ada dimadrasah. 2) beberapa bentuk serta indikator sikap sosial siswa dapat dihasilkan melalui metode pembelajaran IPS yang diterapkan serta didukung dengan pihak sekolah maupun dari keluarga siswa sendiri yakni sikap jujur, peduli, disiplin, santun, percaya diri, tanggung jawab, toleransi, dan kerjasama. 3) Sikap sosial yang paling dirasakan dampak positifnya dari pembentukan sikap sosial siswa melalui metode pembelajaran IPS yakni sikap santun dan disiplin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193023 ANANDIFATUL ROHMAH
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:58
Last Modified: 23 Aug 2023 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39132

Actions (login required)

View Item View Item