PENGARUH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR

ELLY RIANA SARI, 12205193235 (2023) PENGARUH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Lembaga Bimbingan Belajar Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa di MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Elly Riana Sari NIM. 12205193235 pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I Kata kunci : Lembaga bimbingan belajar, Hasil Belajar, Motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan daya tangkap setiap anak di sekolah yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dikarenakan beberapa faktor baik dari dalam siswa tersebut ataupun dari cara guru menyampaikan materi pada siswa. Dalam hal ini, siswa tetap dituntut untuk mampu memenuhi kriteria kelulusan dalam belajarnya. Adanya lembaga bimbingan belajar membantu siswa untuk mencapai kriteria kelulusan yang ditetapkan di sekolah. Lembaga bimbingan belajar ini turut memiliki peran dalam membantu siswa memperoleh nilai yang baik dalam pembelajaran. Dari segi motivasi, lembaga bimbingan belajar juga turut membantu memberikan dukungan secara emosional kepada siswa. Dalam hal ini, peneliti beranggapan bahwa lembaga bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) apakah bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik di MI Wahid Hasyim? (2) Adakah pengaruh Lembaga bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa di MI Wahid Hasyim Udanawu ? (3) Adakah pengaruh Lembaga bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa di MI Wahid Hasyim Udanawu ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 60 peserta didik. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti lembaga bimbingan belajar sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa yang tidak mengikuti lembaga bimbingan belajar sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji normalisasi dan uji homogenitas untuk uji prasyarat, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T-test yaitu dengan menggunakan independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan antara lembaga bimbingan belajar terhadap hasil dan motivasi belajar siswa dengan diterimanya Hα yang diajukan karena nilai sigifikansi pada uji multivariate kurang dari 0,05 yakni 0,00 < 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan antara lembaga bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa di MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar dengan diterimanya Hα yang diajukan karena thitung > ttabel atau 12,177 > 2,042 dan diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 30. (3) ada pengaruh yang signifikan antara lembaga bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa di MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar dengan diterimanya Hα yang diajukan karena thitung > ttabel atau 2,337 > 2,042, dan diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,023 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden (N) sebanyak 30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lembaga bimbingan belajar terhadap hasil dan motivasi belajar siswa di MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193235 Elly Riana Sari
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:55
Last Modified: 23 Aug 2023 04:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39139

Actions (login required)

View Item View Item