PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan dan MI Maftakhul Ulum Karangsono 01 Blitar)

RIFQA FAUZIYAH LUTFI, 12505174040 (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan dan MI Maftakhul Ulum Karangsono 01 Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penerapan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Multi Situs di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan dan MI Maftakhul Ulum Karangsono 01 Blitar)” ini ditulis oleh Rifqa Fauziyah Lutfi dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Adi Wijayanto.,S.Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: penerapan, media pembelajaran tiga dimensi, hasil belajar Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di madrasah, dimana siswa kurang menguasai dan memahami pembelajaran IPA karena guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi. Dimana penggunaan media pembelajaran tiga dimensi dalam proses belajar mengajar dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru agar siswa bisa menerima informasi atau pesan dengan baik, karena melalui media pembelajaran guru dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide. Media pembelajaran tiga dimensi dirancang untuk memberikan kesempatan belajar yang adil kepada semuasiswa dan memberikan kesempatan yang sama untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan konteks penelitian diatas, maka pertanyaan penelitiannya sebagai berikut: a) Bagaimana proses penerapan media tiga dimensi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas IV di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan dan MI Maftakhul Ulum Karangsono 1 Blitar? b) Bagaimana hasil penerapan media tiga dimensi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas IV di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan dan MI Maftakhul Ulum Karangsono 1 Blitar? c) Bagaimana evaluasi penerapan media tiga dimensi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas IV di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan dan MI Maftakhul Ulum Karangsono 1 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs dengan karakteristik sama (multi situs), maka data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas situs.Data hasil observasi belajar siswa di MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan menunjukkan bahwa prosentase nilai siswa mengalami peningkatan dari 75% menjadi 85% sesudah menggunakan media pembelajaran tiga dimensi. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan di MI Maftakhul Ulum Karangsono 01 Blitar dari 61,90% menjadi 90% sesudah menggunakan media pembelajaran tiga dimensi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505174040 RIFQA FAUZIYAH LUTFI
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:12
Last Modified: 23 Aug 2023 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39152

Actions (login required)

View Item View Item