RIZQI NOVITA MAULANA, 12210193029 (2023) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IMAJINASI SISWA KELAS VII MTsN 1 LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (560kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Imajinasi kelas VII MTsN 1 Lamongan” ini ditulis oleh Rizqi Novita Maulana, NIM 12210193029, pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M. Pd. Kata kunci: Metode Picture and Picture, menulis, teks imajinasi Pembelajaran menulis mengalami kendala karena siswa masih kesulitan dalam memunculkan ide-ide kreativitas dalam menulis teks imajinasi. Siswa masih kurang menguasai pembendaharaan kosakata serta kurang dalam menciptakan kalimat-kalimat yang menarik. Permasalahan di atas dapat mendorong guru Bahasa Indonesia untuk mencari metode yang tepat agar pembelajaran lebih menjadi efektif. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran untuk membangkitkan ide-ide kreativitas siswa dan menciptakan kalimat-kalimat yang menarik. Salah satunya metode Picture and Picture. Metode Picture and Picture merupakan metode yang berfokus pada penggunaan gambar dan siswa ditugaskan untuk memilih salah satu gambar yang akan dijadikan tema dalam menulis teks imajinasi dengan tujuan agar siswa dapat menciptakan ide kreativitas terhadap menulis teks imajinasi. Penelitian ini membahas pengaruh metode Picture and Picture terhadap pembelajaran menulis teks imajinasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Picture and Picture dalam pembelajaran menulis teks imajinasi kelas VII MTsN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Lamongan yang berjumlah 15 kelas dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu 25 siswa dari kelas VII-M sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas VII-N sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment berupa metode Picture and Picture, sedangkan kelas kontrol pembelajaran dilakukan tanpa menggunakan metode Picture and Picture. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan cara mengambil sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dalam bentuk Prates dan Pascates. Teknik analisis data meliputi analisis uji prasyarat hipotesis yang didalamnya meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta pengujian hipotesis statistik. Berdasarkan pengolahan data terdapat hasil analisis penelitian pada sampel berjumlah 25 siswa di MTsN 1 Lamongan menunjukan rata-rata Prates sebesar 67,54 lebih kecil dibandingkan rata-rata Pascates sebesar 85,87. Nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikan) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan metode Picture and Picture. Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa penerapan metode Picture and Picture lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan ceramah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12201193290 YULI KHUSNUL KHOTIMAH |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:41 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39172 |
Actions (login required)
View Item |