PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIHKAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MAN 2 JOMBANG

NUR OKTAVIANI, 12212193089 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIHKAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Nur Oktaviani, 12212193089, 2023, “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Discovery Learning Untuk Melatihkan Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MAN 2 Jombang” Skripsi, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul Kimia, Discovery Learning, Pengetahuan Metakognitif, Hidrolisis Garam Kesulitan belajar siswa dapat ditunjukkan dengan adanya suatu hambatanhambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Salah satunya adalah kurangnya bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dari hasil wawancara bahwa guru hanya menggunakan bahan ajar LKS dan buku paket sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran, sehingga e-modul kimia ini menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan e-modul kimia berbasis Discovery Learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif pada materi hidrolisis garam. (2) Mengetahui kelayakan pengembangan e-modul kimia berbasis Discovery Learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif pada materi hidrolisis garam. (3) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan e-modul kimia berbasis Discovery Learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) denga model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA 3 di MAN 2 Jombang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, validasi dan angket respon siswa. E-Modul yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli yaitu 1 dosen tadris kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan 1 guru mata pelajaran kimia MAN 2 Jombang dan diujicobakan dalam skala terbatas sebanyak 30 siswa dengan lima opsi jawaban. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, validasi dan angket respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan manual. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Pengembangan emodul kimia berbasis Discovery Learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif pada materi hidrolisis garam disusun dengan menggunakan tahapan Discovery Learning pada setiap lembar kegiatannya dan diberikan variasi soal untuk melatihkan pengetahuan metakognitif. (2) Validasi oleh ahli terhadap emodul kimia berbasis Discovery Learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif pada materi hidrolisis garam diperoleh nilai rata-rata keseluruhan dari 2 validator sebesar 99,5% dengan kriteria “sangat valid”, sehingga e-modul kimia ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. (3) Hasil angket siswa terhadap e-modul kimia berbasis Discovery Learning untuk melatihkan pengetahuan metakognitif pada materi hidrolisis garam diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 81,1% dengan kriteria “sangat baik”, sehingga emodul kimia ini baik untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212193089 NUR OKTAVIANI
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39201

Actions (login required)

View Item View Item