DHATI HIMATUL NGALIYAH, 12203193142 (2023) ENHANCING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH PICTIONARY RACE AT THE SEVENTH GRADE OF SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (980kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Dhati Himatul Ngaliyah. Nomor Induk Mahasiswa. 12203193142. 2023.Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Lomba Pictionary di Kelas VII SMPN 1 Ngantru. Skripsi Sarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. State Islamic University Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Hj. Dr. Ida Isnawati, M. Pd. Kata Kunci : Meningkatkan, Penguasaan Kosakata, Pictionary Race Empat keterampilan yang membentuk pengajaran bahasa adalah berbicara, membaca, dan menulis. Jika kosakata tidak dapat dikuasai, maka akan sulit untuk menguasai keempat keterampilan tersebut. Bagi siswa, kosakata adalah komponen penting yang harus mereka kuasai dalam komunikasi lisan dan tulisan karena tidak mungkin bagi siswa untuk menggunakan bahasa dengan terampil jika mereka memiliki kosakata yang terbatas dalam pikiran mereka. Permainan lomba tebak kata memberikan peningkatan penguasaan kosakata siswa, mengetahui dan menghafal kata-kata. Permainan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata serta motivasi untuk membantu guru dalam mengelola interaksi di dalam kelas. Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui permainan Pictionary race di SMPN 1 Ngantru. Pictionary Race adalah permainan yang cocok untuk diterapkan oleh guru dalam proses belajar-mengajar di semua tingkatan siswa. Permainan Pictionary Race akan membuat siswa berusaha untuk mengingat, menyusun kalimat, dan menebak gambar. Mereka akan merasa antusias dan tertantang saat belajar dengan permainan ini, sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, permainan ini mampu membuat siswa tidak merasa bosan, mengantuk, atau tidak tertarik. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sebagai metode penelitian. Dalam penelitian ini implementasi permainan Pictionary Race pada siklus 1 dibagi menjadi empat tahapan dalam satu siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes untuk menganalisis. Berdasarkan hasil observasi dan tes menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar kosakata melalui permainan Pictionary Race. Karena dengan permainan ini dapat membuat mereka bersenang-senang, dan membantu mereka belajar kosakata dengan mudah. peneliti menetapkan kriteria keberhasilan siswa adalah 70% siswa mendapat nilai tes 75 atau lebih dari 75. Dalam tes tersebut, 2 siswa dinyatakan belum lulus KKM pada siklus 1. Ada 31 atau 93,9% siswa di kelas yang lulus KKM mengingat nilai rata-rata tes mereka memperoleh 85,3. Kemudian, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan tertarik dengan pembelajaran kosakata melalui permainan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siklus 1 dalam penelitian tindakan kelas ini telah berhasil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | S1 12203193142 DHATI HIMATUL NGALIYAH |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 11:54 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 11:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39210 |
Actions (login required)
View Item |