PENGARUH MINAT BACA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

ROSIDATUL CHUSNA, 12201193099 (2023) PENGARUH MINAT BACA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Baca dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X TKJ Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Rosidatul Chusna, NIM. 12201193099, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata kunci: Minat Baca, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya minat baca dan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Dalam hal ini peneliti beranggapan untuk menumbuhkan minat baca dan keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rimusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh minat baca terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung? 2) Adakah pengaruh keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung? 3) Adakah pengaruh minat baca dan keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menemukan pengaruh minat baca terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung, 2) Untuk menemukan pengaruh keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung, 3) Untuk menemukan pengaruh minat baca dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X TKJ SMKN 1 Bandung Tulungagung yang berjumlah 142 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling dengan cara mengambil 25% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. H 1 diterima karena nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Nilai signifikansi 0,038 lebih kecil daripada probabilitas 0,05, maka hasil pengujian menunjukkan H 0 ditolak dan H 1 diterima. 2) Ada pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. H 2 diterima karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi 0,000 lebih kecil daripada probabilitas 0,05, maka hasil pengujian menunjukkan H 0 ditolak dan H 2 diterima. 3) Ada pengaruh secara bersama-sama antara minat baca dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Bandung Tulungagung. H 3 diterima karena nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Nilai signifikansi 0,001 lebih kecil daripada probabilitas 0,05, maka hasil pengujian menunjukkan H 0 ditolak dan H 3 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:39
Last Modified: 24 Aug 2023 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39220

Actions (login required)

View Item View Item