PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL-MA'ARIF GENDINGAN

AZZAH QURROTU AINI, 12205193215 (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL-MA'ARIF GENDINGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya perbedaan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak yang menimbulkan dampak yang beda pada karakter anak , karakter anak akan berpengaruh pada kedisplinan belajar serta hasil belajar peserta didik. Dikuatkan dengan teori Syamaun bahwa orang tua sebagai pengasuh anak memainkan peran yang sangat menetukan dalam perkembangan anak, bila orang tua berhasil mendidik dan membimbing anaknya dirumah, tentu saja pendidikan disekolah akan berhasil dengan baik. Namun sebaliknya apabila orang tua gagal dalam mendidik anaknya dirumah, tentu saja akan lahir generasi yang rusak. Ahmadi dalam bukunya, kedisiplinan seorang anak akan terbentuk dari kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan anak sejak dini serta segala perilaku sikap yang dilakukan oleh anak merupakan arahan dari orang tua sejak kecil. Untuk mengungkapkan kedua teori tersebut maka peneliti berupaya untuk menguji kembali teori tersebut di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung yang mana tingkat kedisiplinan peserta didik MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung dirasa cukup unggul. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan dan hasil belajar peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ekspostfakto (ex-postfacto) tipe correlational research. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa-siswi MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung ber jumlah siswa 28 anak. Menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling pada penelitian ini yaitu kelas IV-A dengan jumlah siswa 28 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisi data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji T, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai t-hitung 2,312 > t-tabel dan pada taraf Sig. 0,029 < 0,05. (2) Adanya pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai nilai t-hitung 4,411 > t-tabel 2,060. (3) Adanya pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan dan hasil belajar peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai nilai bahwa nilai F hitung = 29,692 > F tabel = 3,34, dan signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini, terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kedisipllinan yang meliputi taat terhadap tata tertib, melaksanakan tugas, mengikuti pembelajaran, serta disiplin belajar. Pengasuhan orang tua dalam membimbing dan mengawasi anak akan berpengaruh pada diri anak, dengan terbentuknya kedisiplinan anak akan melakukan kegiatan belajar tanpa paksaan, yang hal ini tentunya berpengaruh terhadap hasil belajar Peserta Didik di sekolah. Dengan begitu pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kedisiplinan anak dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193215 AZZAH QURROTU AINI
Date Deposited: 23 Aug 2023 12:14
Last Modified: 23 Aug 2023 12:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39224

Actions (login required)

View Item View Item