MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA MELALUI KEGIATAN NON AKADEMIK DI MAN 4 KEDIRI

MUHAMMAD LUTFI AN NAUFAL, 12207193011 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA MELALUI KEGIATAN NON AKADEMIK DI MAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Melalui Kegiatan Non Akademik di MAN 4 Kediri”, ini ditulis oleh Muhammad Lutfi An Naufal, NIM. 12207193011, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Potensi Siswa, Non Akademik Penelitian ini membahas mengenai Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Melalui Kegiatan Non Akademik di MAN 4 Kediri. Manajemen kesiswaan sangat penting bagi setiap lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan yang sudah maju maupun lembaga pendidikan yang masih dalam proses pengembangan. Siswa harus dikelola dengan baik melalui kegiatan-kegiatan kesiswaan yang diberikan. Dimana tujuan dari kegiatan kesiswaan adalah sebagai wadah untuk menampung minat bakat siswa dan meningkatkan kemampuan serta prestasinya. Untuk meningkatkan prestasi siswa, maka dibutuhkan manajemen kesiswaan yang baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta strategi pengembangannya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan non akademik di MAN 4 Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan non akademik di MAN 4 Kediri? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan non akademik di MAN 4 Kediri? (4) Bagaimana strategi kegiatan kesiswaan dalam mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan non akademik di MAN 4 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari data primer, yang bersumber dari kepala sekolah, waka kesiswaan, serta guru pembina kegiatan non akademik, kemudian juga dari data sekunder yaitu dokumen, catatan yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) tahap pra-lapangan, (2) tahap pekerjaan lapangan, (3) tahap analisis data, dan (4) tahap penulisan laporan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan kegiatan kesiswaan diawali dengan dengan penerimaan peserta didik baru PPDB dengan membuka 3 jalur yaitu jalur khusus, jalur prestasi, dan jalur reguler. Dalam perencanaan ini melibatkan seluruh elemen amdrasah untuk mencapai hasil maksimal, (2) Dalam pelaksanaannya dimulai dengan kegiatan MATSAMA (Masa Orientasi Siswa Madrasah) sebagai pengenalan terhadap lingkungan madrasah. Kemudian melakukan kegiatan pengelompokkan terhadap potensi siswa. Pelaksanaan kegiatan non akademik dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan, (3) Evaluasi kegiatan kesiswaan dilaksanakan tidak hanya di akhir, tetapi g saat berkebutuhan atau insidental melalui rapat, setiap pembina kegiatan non akademik melampirkan laporan hasil kegiatan kesiswaan kepada waka kesiswaan. Tolak ukur keberhasilan kegiatan kesiswaan dengan mengikuti berbagai perlombaan. Salah satu patokan keberhasilan kegiatan kesiswaan adalah prestasi dan kekompakkan tim. (4) strategi pengembangan potensi siwa yaitu merekrut siswa yang berprestasi dan memaksimalkan kegiatan non akademik dengan mengutamakan pengembangan potensi siswa kelas 10 dan 11.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193011 Muhammad Lutfi An Naufal
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:58
Last Modified: 24 Aug 2023 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39230

Actions (login required)

View Item View Item