WAHYU MAWADATUL HABIBAH, 12851221023 (2023) PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X MA QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (464kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (323kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang menunjukkan bahwa siswa kurang mampu dalam memahami konsep dari rangkaian cerita, merumuskan sendiri dengan pemikiran logis dan sistematis sehingga dapat dikatakan bahwa penalaran adaptif masih tergolong rendah. Penalaran adaptif adalah kemampuan untuk berpikir logis tentang hubungan antara konsep dan aplikasi. Salah satu hal yang mempengaruhi penalaran adaptif adalah disposisi matematis. Disposisi matematis merupakan sikap yang dimiliki siswa terhadap matematika. Setiap siswa memiliki tingkat disposisi matematis yang berbeda-beda. Disposisi matematis yang berbeda mengakibatkan perbedaan penalaran adaptif dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dengan disposisi matematis tinggi dalam memecahkan masalah pada materi SPLTV, (2) mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dengan disposisi matematis sedang dalam memecahkan masalah pada materi SPLTV, (3) mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dengan disposisi matematis rendah dalam memecahkan masalah pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Lokasi penelitian adalah MA Qomarul Hidayah. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Qomarul Hidayah yang berjumlah 6 siswa yaitu 2 siswa disposisi matematis tinggi, 2 siswa disposisi matematis sedang dan 2 siswa disposisi matematis rendah. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, (1) mengorganisasikan dan mengelola data, (2) membaca dan membuat memo atau kode, (3) mendeskripsikan, mengklasifikasikan dan menafsirkan data, (4) menyajikan dan memvisualisasikan data yang diperoleh. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa: (1) Penalaran adaptif siswa dengan disposisi matematis tinggi mampu memenuhi lima indikator penalaran adaptif yaitu menyusun dugaan, menemukan pola dari suatu masalah matematika, menyusun bukti dan memberikan alasan atas jawaban yang diberikan, memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan dan menilai kebenaran jawaban dari suatu permasalahan; (2) Penalaran adaptif siswa dengan disposisi matematis sedang mampu memenuhi empat indikator penalaran adaptif yaitu menyusun dugaan, menemukan pola dari suatu masalah matematika, menyusun bukti dan memberikan alasan atas jawaban yang diberikan dan memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan; (3) Penalaran adaptif siswa dengan disposisi matematis rendah mampu memenuhi beberapa indikator penalaran adaptif yaitu menyusun dugaan dan menemukan pola dari suatu masalah matematika.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Umum Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12851221023 Wahyu Mawadatul Habibah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 02:02 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39238 |
Actions (login required)
View Item |