MOHAMMAD ZAKI RAMADHAN, 12205183152 (2023) PERAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI UPT SD NEGERI KRISIK 02 GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (28kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Kelas dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Disiplin Belajar Peserta Didik di UPT SD Negeri Krisik 02 Gandusari Blitar” ini di tulis oleh Mohammad Zaki Ramadhan, NIM 12205183152, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. H. M. Arif Faizin M.Ag,. NIP: 197608272005011005. Kata kunci: Peran Guru Kelas, Pendidikan Karakter, Disiplin Belajar. Disiplin belajar merupakan kecenderungan suatu sikap untuk mematuhi aturan, tata tertib sekaligus suatu kondisi seseorang dalam menata diri, mengendalikan diri, menyesuaikan diri terhadap aturan yang berlaku di sekolah maupun di luar sekolah. Hal tersebut tak lepas dari peran seorang guru kelas dalam membentuk karakter serta iktiarnya dalam merencanakan dan melaksanakan pendidikan karakter di sekolah. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1.) Bagaimana peran guru kelas dalam merencanakan pendidikan karakter disiplin belajar peserta didik? 2.) Bagaimana peran guru kelas dalam melaksanakan pendidikan karakter disiplin belajar peserta didik? 3.) Bagaimana hasil dari peran guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin belajar peserta didik? Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam merencanakan pendidikan karakter disiplin belajar peserta didik di UPT SD Negeri Krisik 02 Gandusari Blitar 2.) Untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam pelaksanaan pendidikan karakter disiplin belajar peserta didik di UPT SD Negeri Krisik 02 Gandusari Blitar 3.) Untuk mendeskripsikan hasil dari peran guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin belajar siswa di UPT SD Negeri Krisik 02 Gandusari Blitar. Dalam mencapai tujuan penelitian, digunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen kecilnya adalah peneliti sendiri dan teknis pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisisnya dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu merancang perangkat pembelajaran, metode pengajaran, metode penyampaian motivasi peserta didik dalam belajar, model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, strategi pembelajaran, serta berbagai metode pembelajaran yang bervariatif, visi sekolah yang di kolaborasikan dengan pembelajaran, melalui keteladanan guru, penanaman rasa cinta peserta didik dalam belajar, penanaman nilai-nilai karakter, proses pembiasaan yang dilakukan di sekolah serta evaluasi yang di lakukan oleh guru. Menghasilkan peserta didik yang lebih disiplin belajar, lebih bertanggung jawab, lebih semangat, terampil, cerdas dan antusias dalam belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183152 MOHAMMAD ZAKI RAMADHAN |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 02:35 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39246 |
Actions (login required)
View Item |