HERLINA WAHYUNINGTYAS, 12205193092 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI MIN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Tematik Peserta Didik MIN 1 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Herlina Wahyuningtyas, NIM 12205193092, Pembimbing Prof. Dr. H. As’aril Muhajir M. Ag Kata Kunci: Strategi guru, Kesulitan belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan-kesulitan dalam kegiatan pembelajaran tematik. Berdasarkan studi pendahuluan awal peneliti di MIN 1 Kalidawir Tulungagung, diperoleh informasi bahwa hasil belajar peserta didik masih dapat dikatakan rendah. Hal ini dilihat dari hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung saat pembelajaran tematik. Disini peran guru sangat dibutuhkan untuk tercapainya keberhasilan prestasi peserta didik. Guru harus memiliki strategi tepat yang diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar tematik yang dihadapi peserta didik. Diantara strategi tersebut adalah cooperative learning, discovery learning, dan project basic learning. Fokus penelitian dan tujuan pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru melalui cooperative learning dalam mengatasi kesulitan belajar tematik peserta didik di MIN 1 Kalidawir Tulungagung?. (2) Bagaimana strategi guru melalui discovery learning dalam mengatasi kesulitan belajar tematik peserta didik di MIN 1 Kalidawir Tulungagung?. (3) Bagaimana strategi guru melalui project basic learning dalam mengatasi kesulitan belajar tematik peserta didik di MIN 1 Kalidawir Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Lokasi penelitrian berada di MIN 1 Kalidawir Tulungagung. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Sementara dalam melakukan teknik keabsahan data peneliti menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar tematik menggunakan cooperative learning merupakan strategi pembelajaran berbasis kerja kelompok. Strategi cooperatif learning dalam mengatasi kesulitan belajar tematik ini sangat terlihat ketika peserta didik mampu bertukar pikiran untuk menemukan jawaban dan membuat satu kesimpulan yang tepat dari hasil pemikiran bersama tersebut. (2) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar tematik menggunakan discovery learning merupakan strategi pembelajaran berbasis penemuan. Strategi discovery learning bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan tematik karena strategi tersebut menyangkut hal-hal tentang kehidupan sehari-hari yang dialami peserta didik di sekitar mereka. (3) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar tematik menggunakan project basic learning merupakan strategi pembelajaran berbasis pemeberian projek sederhana pada peserta didik untuk melatih kemampuan serta mendapatkan praktik secara langsung dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193092 HERLINA WAHYUNINGTYAS |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 08:39 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 08:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39247 |
Actions (login required)
View Item |