PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGAN TRENGGALEK

AHMAD ARIK NGAINUN KHUSNA, 12211183071 (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

x ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Bealajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Kinematika Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek.” Ditulis oleh Ahmad Arik Ngainun Khusna, NIM 12211183071 Dosen Pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik Penelitian yang dilator belakang dengan adanya kurang keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan metode konvensional berdampak pada penurunan minat belajar peserta didik sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik kurang signifikan. Adanya metode yang menunjang dari permasalahan tersebut yakni metode Mind Mapping memberikan sokongan bagi pendidik dan peserta didik agar pembelajaran lebih menarik dan efektif. Banyak kelebihan dari segi peserta didik antara lain metode tersebut menjadikan peserta didik lebih aktif dalam penguasaan konsep dengan penggambaran catatan pada lembar kerjanya. Selain itu juga dalam akumulasi penyelesaian soal lebih akurat dengan adanya catatan lebih terpoin dan menyeluruh sesuai porsi kognitif peserta didik.. Kuantitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian quasy eksperimen berdasarkan kealamiahannya dan penelitian terapan (Applied Research) berdasarkan tujuan penelitiannya. Populasi yang diambil adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Karangan yang berjumlah 210 peserta didik. Sampel sendiri berjumlah 60 peserta didik yang diabagi menjadi dua kelompok. Teknik pengambilan data yakni uji tes dengan uji yang digunakan yakni uji instrument, uji prasarat, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji yang diperoleh dari akumulasi data antara lain: 1) Adanya pengaruh metode Mind Mapping terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika materi kinematika gerak lurus di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Hal tersebut diperkuat dengan adanya uji independent sampel t test menunjukkan nilai sig. p < taraf sig. yakni 0.013 < 0.05 maka Hipotesis nol (H 0 ) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima. 2) Adanya pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika materi kinematika gerak lurus di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Hal ini diperkuat juga dengan paired sampel T test menunjukkan hasil nilai sig. p < taraf sig. yakni 0.001 < 0.05 maka Hipotesa nol (H 0 ) ditolak dan Hipotesa alternative (Ha) diterima. 3) Adanya pengaruh secara bersamaan anatara metode Mind Mapping terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika materi kinematika gerak lurus di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek yang signifikan. Hal ini juga didasari dari hasil akumulasi Uji MANOVA pada program SPSS Versi 29. 0 0 besar nilai sig. p < taraf sig. yakni 0.013 < 0.05 pada minat belajar peserta didik dan sebesar 0.001 < 0.05 untuk hasil belajar peserta didik sehingga dapat dikatakan Hipotesa nol (H 0 ) ditolak dan Hipotesa alternative (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211183071 Ahmad Arik Ngainun Khusna
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:54
Last Modified: 24 Aug 2023 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39252

Actions (login required)

View Item View Item