HITATIN ISMATUZ ZUHRIYAH, 12207193088 (2023) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (385kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Hitatin Ismatuz Zuhriyah, NIM 12207193088, Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2023, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kepala, Daya Saing Strategi merupakan pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. dalam meningkatkan daya. Strategi tersebut bertujuan agar terwujudnya perubahan dengan adanya inovasi-inovasi baru yang berdampak pada peningkatakan daya saing. Perkembangan IPTEK menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap Pendidikan di Indonesia. Salah satu pengaruh perkembangan IPTEK bagi dunia Pendidikan adanya kemampuan adaptasi dari lembaga Pendidikan yang harus mampu memenuhi kebutuhan pasar dan bersaing dengan lembaga Pendidikan lainnya. Oleh karena itu lembaga Pendidikan harus mempunyai manajemen strategi yang tepat dalam membekali peserta didik dengan berbagai kemampuan dan wawasan yang dibutuhkan. Kepala Sekolah harus memiliki sikap yang bersungguh-sungguh dan etos kerja yang tinggi sehingga bisa melahirkan strategi-strategi yang matang. Adanya keberadaan Kepala Sekolah selaku pemimpin, harus mampu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengevaluasi. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana formulasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMPN 1 Ngantru? 2) bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMPN 1 Ngantru? 3) bagaimana evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMPN 1 Ngantru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan bersumber dari Kepala Sekolah SMPN 1 Ngantru, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Kepala Tata Usaha, dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Berdasarkan analisis data penelitian menemukan yaitu: 1) Kepala Sekolah merancang strategi dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMPN 1 Ngantru Tulungagung dengan menggunakan dua strategi sesuai dengan visi dan misi yaitu strategi kolaboratif dan strategi partisipatif terumus dalam rancangan program rutin dan program trubusan yang berkaitan dengan dengan akademis untuk mencapai misi dan atau tujuan yang di lakukan di SMPN 1 Ngantru Tulungagung 2) Implementasi Kepala Sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMPN 1 Ngantru Tulungagun dengan menggunakan dua strategi yaitu strategi partisipasi dan strategi kolaboratif yang diimplementasikan dalam program literasi dan numerasi. 3) evaluasi Kepala Sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMPN 1 Ngantru Tulungagung yaitu dalam menangani permasalahan kinerja guru, kepala sekolah berusaha meningkatkan kualitas pendidik yaitu dengan melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap guru yang berkepribadian kurang baik, pedagogis dan keilmuannya kurang. Kendala yang kedua yaitu terkait dengan lokasi SMPN 1 Ngantru yang terletak dipinggiran Tulungagung, Kepala Sekolah meningkatkan daya saing melalui prestasi-prestasi yang diperoleh peserta didik sehingga menghasilkan lulusan yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207193088 Hitatin Ismatuz Zuhriyah |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 01:44 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 01:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39253 |
Actions (login required)
View Item |