PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) MATERI SISTEM KOLOID BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SAINS DALAM AL-QUR’AN

AJENG AYU RIDHA DEWANTI, 12212193026 (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) MATERI SISTEM KOLOID BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SAINS DALAM AL-QUR’AN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Materi Sistem Koloid Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Sains dalam Al-Qur’an” ini ditulis oleh Ajeng Ayu Ridha Dewanti, NIM 12212193026, Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik (E-Modul), Problem Based Learning, Sains dalam Al-Qur’an, Koloid Salah satu jembatan untuk membangun pemahaman siswa supaya dapat belajar dengan mandiri, namun dapat membangun konsep yang baik terhadap materi sistem koloid yaitu melalui bahan ajar e-modul. E-modul yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yaitu model pembelajaran yang membuat siswa untuk belajar, bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi, meningkatkan rasa ingin tahu, kemampuan analisis dan inisiatif. Selain itu, untuk menumbuhkan sikap spiritual siswa perlu adanya disajikan sikap spiritual dalam e-modul yaitu dengan mencantumkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi koloid. Oleh karena itu, modul elektronik (e-modul) berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an pada materi koloid ini perlu disusun, dengan harapan menjadi bahan ajar yang praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran sekaligus menjadi suatu bahan ajar dengan inovasi baru.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) proses pengembangan modul elektronik (e-modul) koloid berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an. (2) Tingkat kelayakan modul elektronik (e-modul) koloid berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an. (3) Respon peserta didik terhadap modul elektronik (e-modul) koloid berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an. Model pengembangan dan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4D dari Thiagrajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Tahapan meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessiminate (penyebaran). Akan tetapi, pada penelitian ini terbatas pada develop (pengembangan) karena adanya keterbatasan waktu, biaya dan tenaga.Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji tingkat kelayakan produk, dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan produk atau kepraktisan produk yang dihasilkan. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan validasi materi dan media serta analisis data hasil angket respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh 2 orang yang terdiri 1 dosen dan 1 guru kimia SMA Negeri 1 Sutojayan. Subjek penelitian digunakan sebagai subjek uji coba skala kecil produk adalah 31 peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan. Hasil penelitian ini berupa 1) Modul elektronik (e-modul) koloid berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an ini yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan Microsoft Word, Canva, dan Heyzine. 2) Modul elektronik (e-modul) koloid berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an dinyatakan sangat layak oleh validator, dibuktikan dengan perolehan presentase sebesar 87,10% pada aspek materi dan 87,99% pada aspek media. 3) Modul elektronik (e-modul) koloid berbasis problem based learning terintegrasi sains dalam Al-Qur’an, juga mendapatkan respon dalam kategori sangat baik dengan perolehan presentase rata-rata 84,60%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Student 12212193026 Ajeng Ayu Ridha Dewanti
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:54
Last Modified: 25 Aug 2023 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item