PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 8 MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

PRILIA NURDIAH AYU FITRIANI, 12209193037 (2023) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 8 MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Game Online terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas 8 MTS Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Prilia Nurdiah Ayu Fitriani, NIM. 12209193037, Pembimbing Bagus Setiawan M.Pd. Kata Kunci : Game Online, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS Game online merupakan sebuah permainan digital yang menggunakan internet. Di dalam sebuah permainan game pasti ada tantangan yang membuat orang terus menerus ketergantungan. Melihat hal tersebut Motivasi sangat dibutuhkan di dalam proses pembelajaran, karena jika tidak mempunyai motivasi belajar mereka tidak akan melakukan aktivitas pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. apakah ada pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 MTS Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 2. apakah ada pengaruh game online terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas 8 MTS Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 3. Apakah pengaruh game online terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas 8 MTS Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?. Adapun tujuan dalam penelitian 1. untuk menjelaskan pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, 2. Untuk menjelaskan pengaruh game online terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 8 Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, 3. Untuk menjelaskan pengaruh game online terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas 8 Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas 8 MTS Ma’arif Bakung yang bermain game online sebanyak 348 siswa. Sampel yang digunakan yakni 78 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan angket. Sedangkan untuk mengukur keduanya menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t test dan manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. 2. Ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap hasil belajar siswa kelas 8 Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,033 ˂ 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. 3. Ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap Motivasi dan hasil belajar siswa kelas 8 Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan dengan Uji MANOVA yaitu 0,00 ˂ 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193037 PRILIA NURDIAH AYU FITRIANI
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:56
Last Modified: 25 Aug 2023 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39273

Actions (login required)

View Item View Item