PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MIN 11 BLITAR

FARIDA ZULVIATU ROHMAH, 12205193276 (2023) PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Metode Kerja Kelompok terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di MIN 11 Blitar ini ditulis oleh Farida Zulviatu Rohmah, NIM. 12205193276, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing: Dr. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I.Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Oleh karena itu, peneliti beranggapan menggunakan metode kerja kelompok diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 11 Blitar? 2) Adakah pengaruh metode kerja kelompok terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 11 Blitar? 3) Adakah pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 11 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MIN 11 Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan berdasarkan pertimbangan tertentu yang dipandang mempunyai hubungan yang erat dengan ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Populasi dalam penelitian berjumlah 795 siswa dengan sampel 69 siswa, yaitu kelas IV-C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 11 Blitar. Hal ini dilihat dari nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 11 Blitar. Hal ini dilihat dari nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan metode kerja kelompok terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 11 Blitar. Hal ini dilihat dari nilai Sig. < nilai probability yaitu 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193276 Farida Zulviatu Rohmah
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:19
Last Modified: 01 Sep 2023 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39279

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item