POTRET KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA PROGRAM KELAS MENULIS DI SMAN 1 KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO

LUCKY PRASETYO, 12210193008 (2023) POTRET KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA PROGRAM KELAS MENULIS DI SMAN 1 KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Potret Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Program Kelas Menulis di SMA Negeri 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro” ini ditulis oleh Lucky Prasetyo, NIM 12210193008, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd.I. Kata Kunci: Program literasi, kemampuan menulis, cerita pendek Program literasi merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis terutama di lingkungan sekolah. Kemampuan menulis masih menjadi keterampilan yang sulit di antara keterampilan berbahasa lainnya. Kemampuan menulis siswa tidak bisa dimiliki begitu saja tanpa proses belajar. Program kelas menulis memberikan pembelajaran tentang menulis cerita pendek agar siswa dapat terampil dan mampu menulis cerita pendek. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan; 1) memotret kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas menulis di SMA Negeri 1 Kepohbaru; 2) mendeskripsikan proses kreatif menulis cerpen pada program kelas menulis di SMAN 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari naskah cerita pendek karya siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis cerita pendek pada 14 siswa yang menjadi anggota program kelas menulis berada pada aspek cukup. Hal ini berdasarkan hasil dari analisis kemampuan menulis cerpen yang menunjukkan hasil dalam kualifikasi baik sekali sebanyak 8 siswa. Kemampuan menulis cerpen dalam kualifikasi baik sebanyak 1 siswa. Kemampuan menulis cerpen dalam kualifikasi gagal sebanyak 5 siswa. Berdasarkan perolehan tersebut nilai rata-rata yang diperoleh adalah 59. Hal ini termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya, proses kreatif menulis cerita pendek siswa terdiri atas proses prapenulisan, proses penulisan, dan proses pascapenulisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193008 Lucky Prasetyo
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:53
Last Modified: 25 Aug 2023 04:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39289

Actions (login required)

View Item View Item