SELLA ARIFENIKA PUTRI, 12209183114 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MULTIMEDIA BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN KOTA PASURUAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (428kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Ajar Multimedia Berbasis Website pada mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Kota Pasuruan” ini di tulis oleh Sella Arifenika Putri, NIM. 12209183114, pembimbing Nur Isroatul Khusna, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Website, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan penggunaan media ajar yang digunakan oleh guru dengan efektif dan inovatif, sehingga dalam suatu proses pembelajaran belum tersampaikan secara optimal yang dapat memperngaruhi hasil belajar siswa. ketepatan memilih media pembelajaran merupakan suatu faktor utama untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. salah satunya dengan menggunakan media ajar multimedia website. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran pembelajaran di MAN Kota Pasuruan? (2) Bagaimana analisis kebutuhan siswa di MAN Kota Pasuruan? (3) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media ajar berbasis website materi proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia? (4) bagaimana kevalidan media ajar berbasis website materi proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia? (5) Bagaimana Pengaruh media ajar website materi proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia ?. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana gambaran pembelajaran di MAN Kota Pasuruan. (2) mengetahui analisis kebutuhan siswa di MAN Kota Pasuruan. (3) mengetahui langkah-langkah pengembangan media ajar website materi proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia. (4) mengetahui kevalidan dari pengembangan media ajar website materi proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia. (5) mengetahui bagaimana pengaruh media ajar website terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia. penelitian ini sebagai penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media ajar multimedia berbasis website sesuai dengan model pendekatan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Pasuruan dengan subjek penelitian siswa kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-4 kelas eksperimen. Penelitian ini diambil melalui analisis awal, angket siswa, lembar pengamatan aktivasi siswa, serta nilai posttest. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk pengevaluasian media ajar multimedia berbasis website. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru sejarah Indonesia terhadap media ajar multimedia berbasis website menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Dengan menggunakan media media ajar multimedia berbasis website memiliki pengaruh peningkatan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai posttest pada kelas X-2 dan X-4 yang diketahui Sig. (tailed-2) yaitu 0,000 atau (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Penggunaan media ajar berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah Indonesia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183114 Sella Arifenika |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:20 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39297 |
Actions (login required)
View Item |