ACHMAD ABID KAMAL, 12506194001 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Situs Di SMK Negeri I Slahung Dan SMK Negeri I Ponorogo). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (848kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs Di SMK Negeri 1 Ponorogo Dan SMK Negeri 1 Slahung) Ini Ditulis Oleh Achmad Abid Kamal, NIM. 12506194001 dengan dibimbing oleh Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. NIP: 197204172006041002 dan Dr. H.Ahmad Zainal Abidin, M.Ag. NIP: 197402131999031002 . Kata Kunci : Implementasi, Pmbelajaran, Pendidikan Islam. Pendidikan merupakan sesuatu yang penting untuk dilalui prosesnya bagi stiap orang agar memiliki suatu kecakapan dalam menjalani kehidupanya mendatang, diera yang semakin maju saat ini pendidikan memiliki tantangan untuk berintegrasi dengan ilmu, pengetahuan dan teknologi, salahsatunya adalah pembelajaran berbasis online. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran online yang terjadi sejak adanya covid-19 hingga sekarang, dalam pelaksanaan pemblajaran online setiap lembaga sekolah kembali beradaptasi menyesuaikan diri dengan semua proses yang serba digital dan internet. Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana desain pembelajaran online di SMKN 1 Slahung dan SMKN 1 Ponorogo, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran onlne di SMKN 1 Slahung dan SMKN 1 Ponorogo, 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran online di SMKN 1 Slahung dan SMKN 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metote kualitatif deskriptif, jenis penelitianya adalah lapangan, dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif menyajikan data dalam bentuk narasi atau deskripsi, serta dilakukan dengan natural pengamatan dilapangan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran online yang dilaksanakan di kedua situs dirancang dengan tim guru sekolah masing-masing, perencanaan mulai dari segala komponen yang dibutuhkan dalam pembelajaran online. 2) Implementasi pembelajaran online di SMKN 1 Slahung menggunakan Google Classroom dan Whatsapp, serta SMKN 1 Ponorogo menggunakan Google Classroom, Whatsapp dan Moodle. 3) Evaluasi pembelajaran SMKN 1 Ponorogo menggunakan Moodle, salahsatunya melalui penugasan harian dan akhir semester. Sedangkan SMKN 1 Slahung mengevaluasinya melalui Moodle dan bagi siswa yang belum bisa mengoprasikan dibantu oleh guru.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd 12506194001 achmad abid kamal |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 02:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39304 |
Actions (login required)
View Item |