IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Situs Di SMK Negeri I Slahung Dan SMK Negeri I Ponorogo)

ACHMAD ABID KAMAL, 12506194001 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multi Situs Di SMK Negeri I Slahung Dan SMK Negeri I Ponorogo). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs Di SMK Negeri 1 Ponorogo Dan SMK Negeri 1 Slahung) Ini Ditulis Oleh Achmad Abid Kamal, NIM. 12506194001 dengan dibimbing oleh Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. NIP: 197204172006041002 dan Dr. H.Ahmad Zainal Abidin, M.Ag. NIP: 197402131999031002 . Kata Kunci : Implementasi, Pmbelajaran, Pendidikan Islam. Pendidikan merupakan sesuatu yang penting untuk dilalui prosesnya bagi stiap orang agar memiliki suatu kecakapan dalam menjalani kehidupanya mendatang, diera yang semakin maju saat ini pendidikan memiliki tantangan untuk berintegrasi dengan ilmu, pengetahuan dan teknologi, salahsatunya adalah pembelajaran berbasis online. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran online yang terjadi sejak adanya covid-19 hingga sekarang, dalam pelaksanaan pemblajaran online setiap lembaga sekolah kembali beradaptasi menyesuaikan diri dengan semua proses yang serba digital dan internet. Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana desain pembelajaran online di SMKN 1 Slahung dan SMKN 1 Ponorogo, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran onlne di SMKN 1 Slahung dan SMKN 1 Ponorogo, 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran online di SMKN 1 Slahung dan SMKN 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metote kualitatif deskriptif, jenis penelitianya adalah lapangan, dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif menyajikan data dalam bentuk narasi atau deskripsi, serta dilakukan dengan natural pengamatan dilapangan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran online yang dilaksanakan di kedua situs dirancang dengan tim guru sekolah masing-masing, perencanaan mulai dari segala komponen yang dibutuhkan dalam pembelajaran online. 2) Implementasi pembelajaran online di SMKN 1 Slahung menggunakan Google Classroom dan Whatsapp, serta SMKN 1 Ponorogo menggunakan Google Classroom, Whatsapp dan Moodle. 3) Evaluasi pembelajaran SMKN 1 Ponorogo menggunakan Moodle, salahsatunya melalui penugasan harian dan akhir semester. Sedangkan SMKN 1 Slahung mengevaluasinya melalui Moodle dan bagi siswa yang belum bisa mengoprasikan dibantu oleh guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 12506194001 achmad abid kamal
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:36
Last Modified: 29 Aug 2023 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39304

Actions (login required)

View Item View Item