PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS II SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

SITI ROSYIDATUL QONIAH, 2817123155 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS II SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul: “Penerapan Metode Pembelajaran make a match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist Peserta Didik Kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.” Skripsi ini ditulis oleh Siti Rosyidatul Qoniah, NIM: 2817123155, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Pembelajaran make a match, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang masih rendah terutama pada kegiatan menghafal. Hal ini disebabkan karena ketidaksukaan peserta didik pada pelajaran menghafal. Selain itu karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga motivasi peserta didik kurang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran make a match sangatlah tepat, karena metode ini dapat mendorong peserta didik aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran make a match dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi surat Al-Kafirun peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran AlQur’an Hadist materi surat Al-Kafirun peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi surat Al-Kafirun pada peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran AlQur’an Hadist materi surat Al-Kafirun pada peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: 1. Tahap perencanaan (plan), 2. Tahap pelaksanaan (act), 3. Tahap observasi (observer), dan 4. Tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran AlQur’an Hadist respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode pembelajaran make a match dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist dengan langkahlangkah sebagai berikut: (a) guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian yang lainnya kartu jawaban. (b) setiap siswa mendapat satu buah kartu (c) tiap siswa memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang (d) setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (e) setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin (f) setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya (g) demikian seterusnya (h) kesimpulan 2) peningkatan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist melalui metode pembelajaran make a match. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal tersebut dapat diketahui dari rata-rata kelas nilai peserta didik 62,72 (pre test), meningkat menjadi 66,21(post test siklus I) dan meningkat lagi menjadi 80,45 (post test siklus II). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist peserta didik Kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123155 SITI ROSYIDATUL QONIAH
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:47
Last Modified: 10 Oct 2016 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item