STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI AKIDAH DAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS DARISSULAIMANIYAH KAMULAN, DURENAN, TRENGGALEK

FERIN SAIDATUN NISA', 12201183222 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI AKIDAH DAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS DARISSULAIMANIYAH KAMULAN, DURENAN, TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menginternalisasi Nilai Akidah dan Akhlak Peserta Didik di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Durenan Trenggalek” Ini itulis oleh Ferin Saidatun Nisa', NIM 12201183222, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh : Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Nilai-Nilai Akidah dan Akhlak Konteks penelitian ini dilandasi oleh pentingnya memilih strategi yang tepat dalam proses pembelajaran agar nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran dapat tertanam dan dapat berlangsung secara alami dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru dituntut untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk digunakan, sehingga akan mencapai hasil yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian guru dalam menginternalisasi nilai-nilai akidah dan akhlak siswa di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Durenan Trenggalek?, (2) Bagaimana strategi penyampaian guru dalam menginternalisasi nilai-nilai akidah dan akhlak siswa di MTs Darissulaimaniyah Kamulan, Durenan, Trenggalek?, (3) Bagaimana Strategi Pengelolaan Materi Guru dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akidah dan Akhlak Siswa di MTs Darissulaimaniyah Kamulan, Durenan, Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru dalam menginternalisasi nilai-nilai Akidah dan Akhlak peserta didik di MTs Darissulaimaniyah Kamulan, Durenan, Trenggalek, (2) Mendeskripsikan strategi penyampaian guru dalam menginternalisasi nilai-nilai nilai-nilai akidah dan akhlak siswa di MTs Darissulaimaniyah Kamulan, Durenan, Trenggalek, (3) Mendeskripsikan strategi pegelolaan guru dalam menginternalisasi nilai-nilai akidah dan akhlak siswa di MTs Darissulaimaniyah Kamulan, Durenan, Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian di MTs Darissulaimaniyah Kamulan, Durenan, Trenggalek, sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, keajegan dan ketekunan pengamat. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi pengorganisasian pembelajaran akidah dan akhlak yang digunakan oleh MTs Darissulaimaniyah yaitu dengan merancang pembelajaran menyiapkan perangkat pembelajaran silabus, Prota, Prosem, Silabus, RPP (2) Strategi untuk penyampaian pembelajaran Pendidikan akidah dan Akhlak di MTs Darissulaimaniyah Kamulan , Durenan, Trenggalek. Data yang ditemukan dari MTs Darissulaimaniyah lebih ke arah belajar mengajar. Hal ini juga terkait dengan perkembangan media berbasis manusia, salah satunya adalah pengembangan kualitas guru itu sendiri. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode cerita. Dalam hal pembelajaran guru Akidah Akhlak menggunakan metode cerita. Ada kegiatan membaca Al-Qur'an sebagai metode pembiasaan. (3) Strategi Manajemen Pembelajaran Pendidikan akidah Akhlak di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Durenan Trenggalek menggunakan strategi cenderung situasional dan kondisional. Pembuatan Catatan Kemajuan Siswa dilakukan dengan cara evaluasi pembelajaran yaitu dengan mengikuti ujian. Dalam manajemen motivasi terdapat pengajian rutin Kitab Alala yang menjadi penunjang peningkatan kualitas akhlak siswa Mts Darissulaimaniyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183222 Ferin Saidatun Nisa'
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:09
Last Modified: 28 Aug 2023 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39317

Actions (login required)

View Item View Item