PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN

FIRDA NURUZZAKIYYA, 12205193062 (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran” ini ditulis oleh Firda Nuruzzakiyya, NIM. 12205193062, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Reward, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapat B.F Skinner yang menganggap reward atau reinforcement sebagai faktor terpenting dalam proses belajar. Penerapan reward dalam pembelajaran dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika mengingat minat dan hasil belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa cenderung menjauhi matematika karena mereka menganggap matematika pelajaran yang sulit, membosankan, dan menakutkan untuk dipelajari. Akibatnya, siswa kurang tertarik pada pelajaran matematika sehingga hasil belajar matematika kurang maksimal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti apakah benar reward memberikan pengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa sebagaimana pendapat ahli yang menyatakan bahwa reward adalah penilaian yang bersifat positif terhadap belajarnya siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar matematika siswa kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas V MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran yang berjumlah 98 siswa, sementara sampel penelitian ini adalah kelas V-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas V-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan uji independent sample t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar matematika siswa kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh thitung = 3,434 > ttabel = 2,023 dan Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak terima Ha. Adapun besar pengaruhnya adalah 86% dan termasuk kategori tinggi. (2) Terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh thitung = 3,433 > ttabel = 2,023 dan Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak terima Ha. Adapun besar pengaruhnya adalah 86% dan termasuk kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh pemberian reward terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Berdasarkan hasil uji MANOVA, diperoleh Fhitung = 14,353 > Ftabel = 3,238 dan Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak terima Ha

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193062 firda nuruzzakiyya
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:12
Last Modified: 28 Aug 2023 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39335

Actions (login required)

View Item View Item