IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

ANIS NOFITASARI, 12201183259 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Pendidikan Karakter Integritas dan Religiusitas Peserta Didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung" ini ditulis oleh Anis Nofitasari, NIM.12201183259, dibimbing oleh Dr. Mohammad Ja'far As-Shodiq, S.Kom, M.Pd.I Kata kunci : Pendidikan, Karakter Integritas, Karakter Religiusitas Pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung diterapkan untuk seluruh warga sekolah. Tujuan penerapan pendidikan karakter integritas dan religiusitas ini agar peserta didik memahami makna dan merasakan dampak positif setelah diterapkannya pendidikan karakter integritas dan religiusitas ini. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Bagaimana perencanaan pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung Metode yang digunakan adalah metode studi kasus (case study method) dengan jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diunakan adalah 1)Observasi Partisipatif 2)Wawancara kepada guru dan peserta didik. 3)Dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian dari implementasi pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung, bahwa, 1)Perencanaan pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung dilaksanakan pada saat guru membuat silabus dan RPP, serta menyesuaikannya dengan visi misi sekolah. 2)Pelaksanaan pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung berjalan dengan baik melalui kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan akademik melalui pendidikan agama Islam dan seluruh mata pelajaran yang di dalamnya termuat pendidikan karakter. Juga dilaksanakan melalui penerapan pembiasaan amalan di sekolah dengan melaksanakan sholat dhuhur berjamaah , shalat Jum'at, tadarus Al Quran, shalat Dhuha, Istighosah, penerapan aturan dan tata tertib, mengajarkan nilai peduli, syukur, dan hatinyang responsif, pembinaan baca Al Quran, serta agenda tahunan yakni shalat idul adha dan penyembelihan hewan kurban. Evaluasi pendidikan karakter integritas dan religiusitas peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung dilaksanakan pada saat ulangan harian, penilaian tugas individu, tugas kelompok, ujian Tengah semester, penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun dan assesmen P5.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:38
Last Modified: 28 Aug 2023 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39339

Actions (login required)

View Item View Item