MUHAMMAD NAIM ASHAR, 2817123109 (2016) PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
1-C0VER.pdf Download (214kB) |
||
|
Text
BAB 01.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 02.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 03.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 04.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 05.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Muhammad Naim Ashar, NIM. 2817123109, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung,yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Metode STAD, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode Student Teames Achievement Division. Penggunaan metode Student Teams Achievement Division dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran ipa materi gaya pada peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran ipa materi gaya pada peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran ipa materi gaya pada peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode metode Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 69,6 (68%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 77,2 (84%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 7,6. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123109 MUHAMMAD NAIM ASHAR |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 06:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3934 |
Actions (login required)
View Item |