PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENUGASAN (RESITASI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 10 KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (AKHLAK TASAWUF) di MAN KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ANGGUN WIBAWA, 12201193159 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENUGASAN (RESITASI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 10 KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK (AKHLAK TASAWUF) di MAN KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (715kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penugasan (Resitasi) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 10 Keagamaan Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Akhlak Tasawuf) di Man Kota Blitar Tahun Pelajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Anggun Wibawa, NIM. 12201193159, pembimbing Muhammad Sulthon Aziz., Lc. M.H. Kata Kunci : Metode Penugasan (Resitasi), Prestasi Belajar, Pembelajaran Aqidah Akhlak (Akhlak Tasawuf). Penelit ian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di MAN Kota Blitar. Guru cenderung menggunakan metode konvensional dalam mengajar akhlak tasawuf, sehingga siswa mudah merasa bosan dan jenuh pada waktu mengikuti pembelajaran yang mana hal tersebut mempengaruhi t ingkat prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran dikelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajarnya adalah metode penugasan (resitasi). Metode penugasan (resitasi) bertujuan untuk membelajarkan siswa, yang mana siswa diberikan tugas terkait materi pelajaran yang nant inya dipertanggungjawabkan kepada guru. Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil prestasi belajar siswa kelas 10 keagamaan pada pembelajaran akhlak tasawuf sebelum menerapkan metode penugasan (resitasi). 2) hasil prestasi belajar siswa kelas 10 keagamaan pada pembelajaran akhlak tasawuf setelah menerapkan metode penugasan (resitasi). 3) pengaruh metode penugasan (resitasi) terhadap prestasi belajar siswa kelas 10 keagamaan pada pembelajaran akhlak tasawuf setelah menggunakan metode penugasan (resitasi). Penelit ian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelit ian quasi experiment dengan posttest only control group design. Sampel dalam penelit ian ini adalah 10 keagamaan 1 sebagai kelas eksperimen dan 10 keagamaan 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuisioner, soal tes, dan dokumentasi. Analisis data penelit ian menggunakan uji pearson correlation dan uji independent t-tes dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelit ian yang diperoleh : 1) hasil nilai posttest prestasi belajar siswa kelas 10 keagamaan 2 sebagai kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 64,09 hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan metode penugasan (resitasi) dengan prestasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa sebelum digunakannya metode penugasan (resitasi) belum tampak. 2) hasil nilai posttest prestasi belajar siswa kelas 10 keagamaan 1 sebagai kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 78, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan metode penugasan (resitasi) dengan prestasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa setelah digunakannya metode penugasan (resitasi) sudah tampak. 3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode penugasan (resitasi) terhadap prestasi belajar siswa kelas 10 keagamaan, dengan bukti nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05, dan terjadi peningkatan rata-rata nilai posttest prestasi belajar sebesar 14%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193159 ANGGUN WIBAWA
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:23
Last Modified: 04 Sep 2023 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39406

Actions (login required)

View Item View Item