PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM IMPULS DAN TUMBUKAN DI MAN KOTA BLITAR

AGUNG HIDAYAT, 12211193072 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM IMPULS DAN TUMBUKAN DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum Impuls dan Tumbukan di Man Kota Blitar” ini ditulis oleh Agung Hidayat, NIM. 12211193072, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Momentum Impuls dan Tumbukan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan model konvensional, dimana proses pembelajarannya menggunakan model ceramah sehingga kurang adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Berbasis Masalah. Model pembelajaran ini sangat diperlukan siswa dalam proses pembelajaran karena tanpa pemahaman konsep siswa tidak akan bersemangat, aktif, dan kreatif. Jika pemahaman konsep siswa tinggi maka akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Melalui model ini pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna karena siswa berpartisipasi aktif dalam menggali dan menemukan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dan desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control group design. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data tes, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan uji t-test,uji effect size. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum impuls dan tumbukan di Man Kota Blitar dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05 dan nilai t hitung >t tabel yaitu 4,489 >4,477. 2) Besar pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa Man Kota Blitar pada materi momentum impuls dan tumbukan sebesar 0,24 atau 58% yang tergolong small atau kecil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211193072 AGUNG HIDAYAT
Date Deposited: 28 Aug 2023 10:36
Last Modified: 28 Aug 2023 10:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39408

Actions (login required)

View Item View Item