MELISA NURYANTI, 12306193006 (2023) KESULITAN BELAJAR ANAK DI DESA PANDEAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
MELISA NURYANTI, NIM 12306193006. “Kesulitan Belajar Anak di Desa Pandean”. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. M. Sholihuddin Zuhdi, S.Sos. I., M.Pd. Kata kunci : Kesulitan belajar, Anak Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemukan penulis di Desa Pandean, fenomena tersebut adalah kesulitan belajar pada anak usia Sekolah Dasar. kesulitan belajar yang dialami oleh anak di Desa Pandean berupa kesulitan belajar secara intrinsik dan ekstrinsik. Fokus dalam penelitian ini adalah faktor kesulitan belajar apa saja yang dihadapi anak usia 9 sampai 11 tahun di Desa Pandean. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor kesulitan belajar yang dihadapi anak usia 9 sampai 11 tahun di Desa Pandean.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive sampling, subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 anak. Data dari penelitian ini didapatkan dengan wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa anak di desa Pandean mengalami kesulitan belajar secara intrinsik dan ekstrinsik. Faktor kesulitan belajar ini dipengaruhi oleh kondisi fisik anak yang kurang sehat, perilaku anak dengan temannya yang kurang baik, dan tidak adanya pengawasan orang tua dalam pendidikan anak. Kesulitan belajar yang dialami mengakibatkan nilai akademik anak di sekolah kurang, anak mengalami banyak ketertinggalan materi di sekolah, memiliki motivasi belajar yang rendah, anak tidak bersemangat ketika belajar, serta mengakibatkan anak tidak bisa untuk fokus ketika belajar di kelas. Kesulitan belajar ini dipengaruhi oleh faktor yang berada di dalam diri anak seperti kondisi fisik, motivasi dan minat anak dalam belajar serta faktor yang berada di lingkungan sekitar anak seperti keluarga, teman dan lingkungan sekolah anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | S1 12306193006 MELISA NURYANTI |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 08:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 08:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39409 |
Actions (login required)
View Item |