PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

RAHMATUL LAILA QODRIYAH, 2817123129 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Rahmatul Laila Qodriyah NIM 2817123129 dibimbing oleh Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Kooperatif Think-Pair-Share (TPS), IPA, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwasanya masih banyak peserta didik di kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung yang belum memahami materi IPA yang disampaikan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Kondisi tersebut disebabkan oleh guru yang selalu aktif dalam pembelajaran IPA dan kurang melibatkan peserta didik. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan daur hidup hewan beragam jenis hewan. Pembelajaran menggunakan model koopeatif tipe Think-Pair-Share (TPS) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan daur hidup hewan beragam jenis hewan pada peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan daur hidup hewan beragam jenis hewan dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share pada peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan penerapan model kooperatif tipe think pair share pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan daur hidup hewan beragam jenis hewan peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan daur hidup hewan beragam jenis hewan peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, , tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan diterapkan model think pair share. Berikut langkah-langkah model think pair share dan hasil peningkatan belajar (1) Langkah-langkah model kooperatif Think-Pair-Share (TPS) adalah dimulai dengan peneliti memberikan suatu permasalahan kepada peserta didik tentang materi daur hidup hewan beragam jenis hewan, lalu peneliti menyuruh peserta didik untuk memikirkan jawaban dari suatu permasalahan tersebut secara individu terlebih dahulu, setelah itu peneliti meminta peserta didik berpasangan dengan teman sebangkunya untuk mendiskusikan bersama-sama, kemudian setelah semua pasangan selesai berdiskusi peneliti meminta perwakilan dari pasangan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka. (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe think pair share mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik yang semula presentase ketuntasan belajar pada tes awal 16,66% kemudian pada post test siklus 1 menjadi 63,33%, yang berarti bahwa presentase ketuntasan belajar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditentukan, yaitu 75%. Maka dilanjtkan ke siklus II dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus II adalah 90%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123129 RAHMATUL LAILA QODRIYAH
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:48
Last Modified: 12 Oct 2016 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item