NOVANTIKA RAHMA HIDAYAH, 12201173454 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU FoMO (FEAR of MISSING OUT) PADA PESERTA DIDIK DI MTs TRIBAKTI KUNJANGKABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Peserta Didik Di Mts Tribakti Kunjang Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Novantika Rahma Hidayah, NIM: 1220117345, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah,tulungagung, dibimbing oleh: Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: strategi guru, Fear Of Missing Out Fear of Missing Out sebagai fenomena psikologis mengakibatkan seseorang mengalami rasa cemas terus menerus. Seseorang yang mengalami FoMO bisa meninggalkan apa yang sedang ia lakukan dan menghabiskan waktu lebih lama di media sosial. Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk membatasi penggunaan ponsel, termasuk peraturan yang telah lama diterapkan yaitu tidak diperbolehkan membawa ponsel, bahkan saat mengajar, guru pun tidak diperbolehkan melakukan kegiatan lain termasuk mengecek ponsel selain fokus mengajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru akidah akhlak mengatasi perilaku fear of missing out pada peserta didik di MTs Tribakti Kunjang Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku fear of missing out pada peserta didik di MTs Tribakti Kunjang Kediri? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku fear of missing out pada peserta didik di MTs Tribakti Kunjang Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku fear of missing out pada peserta didik di MTs Tribakti Kunjang Kediri adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, RPP, Silabus, KKM, mengupayakan ketercapaian tujuan pembeljaran, menerapkan metode-metode pembelajaran aktif, membimbing dan melatih secara emosional. (2) Pelaksanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku fear of missing out pada peserta didik di MTs Tribakti Kunjang Kediri adalah dengan memberikan kegiatan keagamaan tambahan di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, membuat kebijakan dan aturan untuk meminimalisir penggunaan internet dan sosial media, meningkatkan pendalaman materi keagamaan (3) Evaluasi guru akdah Akhlak dalam mengatasi perilaku fear of missing out pada peserta didik di MTs Tribakti Kunjang Kediri adalah dengan melaksanakan evaluasi formatif, sumatif ragam penilaian kinerja, portofilio, tes tertulis, serta tes lisan untuk melihat sejauh mana kondisi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 1220117345 NOVANTIKA RAHMA HIDAYAH |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 00:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 00:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39422 |
Actions (login required)
View Item |