MOHAMMAD ABDUL FAQIH, 12201193295 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN SABAR DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII SEMESTER GANJIL (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Blitar). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Mohammad Abdul Faqih, NIM. 12201193295, 2023 M. Strategi Pembelajaran Sabar Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Semester Ganjil [Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Blitar], Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Akidah Akhlak Fokus penelitian: 1. Bagaimana prosedur penetapan rumusan strategi pembelajaran sabar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII semester ganjil di MTsN 8 Blitar ?; 2. Bagaimana pengaktualisasian strategi pembelajaran sabar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII semester ganjil di MTsN 8 Blitar ?; 3. Bagaimana dampak dari pengaktualisasian strategi pembelajaran sabar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap penguatan kecerdasan siswa kelas VIII semester ganjil di MTsN 8 Blitar ?. Kehadiran peneliti: mulai dari 26 Januari dengan didampingi tinjauan teori strategi pembelajaran oleh Saskatchewan dengan mengindahkan paradigma bayani, irfani dan burhani juga mengadopsi paradigma post-positivisme, menerapkan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus, dengan sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip. Teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data: Ringkasan Data. Prosedur analisis data: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi (sumber, teknik serta waktu), pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian: 1. Prosedur penetapan rumusan strategi pembelajaran sabar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Blitar, adalah pasca pandemi covid-19 pada 2020-2022M, seluruh guru bersepakat untuk membelajarkan sifat sabar kepada para siswa, hal tersebut mendapatkan sambutan yang baik dan juga dukungan dari jajaran bapak ibu guru; secara khusus guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII merumuskan strategi pembelajaran sabar dengan menyusun RPP berbasis kurikulum dan silabus yang berlaku. 2. Pengaktualisasian strategi pembelajaran sabar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Blitar, adalah strategi pembelajaran langsung dengan metode ceramah, strategi pembelajaran interaktif dengan metode tanya jawab dan diskusi dan strategi pembelajaran eksperimen dengan metode penugasan serta strategi pembelajaran mandiri dengan metode pemecahan masalah dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdiri dari dalil-dalil naqli dan aqli, alam semesta dan juga dari peristiwa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar ke arah penguatan kecerdasan intelektual melalui pemberian kisah para nabi, sahabat, dan tokoh lain yang memiliki sifat sabar, dan ke arah penguatan kecerdasan emosional melalui pemberian nasehat-nasehat, pemahaman terkait dampak marah, keutamaan bersabar, dan ciri-ciri orang yang sabar, serta ke arah penguatan kecerdasan spiritual melalui penjelasan perintah bersabar, keutamaan sabar dan macam-macam sabar, juga melalui kegiatan di luar kelas seperti sholat dhuha berjamaah, dan tadarus al-Qur’ān. 3. Dampak dari pengaktualisasian strategi pembelajaran sabar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap penguatan kecerdasan siswa kelas VIII di MTsN 8 Blitar, adalah kecerdasan intelektual para siswa semakin kokoh kuat semisal mereka semakin giat belajar, mau mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran di madrasah, dan sabar menahan beratnya beban belajar; kecerdasan emosional para siswa semakin kokoh kuat semisal mereka menjadi tidak mudah marah, kegiatan pembelajaran siswa menjadi nyaman, dan tidak ada permusuhan; kecerdasan spiritual para siswa semakin kokoh kuat semisal mereka menjadi terbiasa melakukan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha dan tadarus al-Qur’ān; kecerdasan sosial para siswa semakin kokoh kuat semisal mereka semakin mudah memaafkan, semakin memiliki sopan santun, sehingga tidak ada lagi perkelahian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdul faqi 12201193295 Mohammad abdul faqih |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39431 |
Actions (login required)
View Item |