KRITERIA MEMILIH SUAMI DI ERA MILENIAL PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Mahasiswi Strata 1 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

RIFA RETNOSARI, 12102193039 (2023) KRITERIA MEMILIH SUAMI DI ERA MILENIAL PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Mahasiswi Strata 1 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Rifa Retnosari, NIM. 12102193039 “Kriteria Memilih Suami Di Era Milenial Perspektif Islam (Studi Kasus Mahasiswi Strata 1 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)”, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Asmawi, M.Ag. Kata Kunci: Kriteria Suami, Mahasiswi, Perspektif Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi, dikalangan pemuda-pemudi khususnya mahasiswi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang menempuh Strata 1 terdapat mahasiswi-mahasiswi yang sudah menikah. Pada masa kuliah seperti ini mahasiswi lebih banyak mengenal orang yang berbeda latar belakang dan lingkungan. Sehingga menimbulkan kriteria yang berbeda-beda setiap individu dalam memilih calon suami, dan apakah kriteria suaminya tersebut sesuai dengan Islam. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kriteria memilih suami pada mahasiswi strata 1 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung? (2) Bagaimana mahasiswi strata 1 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam memilih kriteria suami ditinjau dari Islam?. Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Sedangan metode pengumpulan data menggunakan pengumpulan data dari lapangan, berupa hasil wawancara dan dokumentasi ke beberapa pihak narasumber tersebut. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dari data yang diperoleh dengan sepuluh informan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tercantum bahwa, terdapat tiga mahasiswi yang menyatakan bahwa kriteria suami yang paling utama yaitu keagamaannya atau status keislaman, dua mahasiswi menyatakan bahwa kriteria yang utama ialah ketampanan, tiga mahasiswi yang menyatakan bahwa kriteria pasangan hidup yang paling utama ialah status ekonominya. Sedangkan dua mahasiswi menyatakan bahwa tidak memiliki kriteria khusus, namun berdasarkan cinta dan mau menerima calon pasangan hidupnya apa adanya. Dari data tersebut menyatakan bahwa kriteria dalam memilih suami tidak hanya dilihat dari segi agamanya namun harus melihat dari segi lainnya. Namun para informan mayoritas lebih mengutamakan memilih kriteria suami dari ekonomi dan agamanya. Serta sebagian mahasiswi kurang dalam memperhatikan kriteria lainnya. (2) Pemilihan Suami pada Mahasiswi Strata 1 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ditinjau dari perspektif Islam dilihat dari empat hal yaitu harta, keturunan/nasab, ketampanan/kecantikan, dan agama. Para informan (mahasiswi) menikah dengan suaminya, sudah sesuai dengan kriteria Islam. Namun kriteria yang dimiliki tidak hanya faktor agama saja, ada juga kriteria lainnya hanya karena faktor ekonomi, nasab, serta ketampanannya. Sehingga pemilihan suami dalam praktiknya tidak memenuhi kriteria Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193039 RIFA RETNOSARI
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:51
Last Modified: 05 Sep 2023 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39473

Actions (login required)

View Item View Item