PENGARUH MEDIA BELAJAR PERMAINAN KARTU DOMINO TRIGONOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA KANJENG SEPUH GRESIK

MUZDALIFAH, 12204193234 (2023) PENGARUH MEDIA BELAJAR PERMAINAN KARTU DOMINO TRIGONOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA KANJENG SEPUH GRESIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Belajar Permainan Kartu Domino Trigonometri terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Kanjeng Sepuh Gresik” ini ditulis oleh Muzdalifah, NIM. 12204193234, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci : Media Belajar, Kartu Domino Trigonometri, Hasil Belajar Materi Trigonometri secara teoritis merupakan topik yang tingkat kesulitanya lebih ditinggi dari materi bangun datar segitiga dan lingkaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa memahami dengan caranya sendiri akan menghasilkan siswa yang aktif dan kreatif. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat membuat matematika menjadi lebih akrab dengan lingkungan siswa diantaranya Media belajar permainan Kartu Domino Trigonometri. Tujuan dari penelitian ini ada dua yaitu 1) Mengetahui pengaruh media belajar permainan Kartu Domino Trigonometri terhadap hasil belajar matematika materti trigonometri 2) Mengetahui besar pengaruh penggunaan media belajar permainan Kartu Domino Trigonometri terhadap hasil belajar matematika materti trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Desain penelitian yang dilakukan adalah Post Test Only Control Design, sedangkan Teknik penentuan sample berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 1 dengan jumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah post-test tipe uraian. Data hasil instrument tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh media belajar Kartu Domino Trigonometri terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Kanjeng Sepuh Gresik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasinya lebih kecil dari 0,05. 2) Besar pengaruh penggunaan media belajar Kartu Domino Trigonometri terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Kanjeng Sepuh Gresik diperoleh nilai dari effect size 0,46 yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 30 Aug 2023 11:10
Last Modified: 30 Aug 2023 11:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39483

Actions (login required)

View Item View Item