STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BLITAR

WAHYU TRISNARIKA, 12201193073 (2023) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 4 Blitar” ini ditulis oleh Wahyu Trisnarika, NIM. 12201193073, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Meningkatkan Minat Belajar. Penelitian dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 4 Blitar” ini dilatarbelakangi oleh kurang diminatinya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selama ini, karena guru menggunakan metode yang umum yaitu menggunakan metode ceramah. Untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam supaya menarik bagi peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar guru Sejarah Kebudayaan Islam mempunyai strategi strategi yang berbeda dengan strategi yang digunakan oleh guru-guru Sejarah Kebudayaan Islam pada umumnya. Selain itu keterampilan guru dalam menggunakan berbagai macam strategi bisa meningkatkan minat belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi poin tersendiri. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar (2) Pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar (3) Evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus dan lokasi penelitian bertempat di MTsN 4 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar adalah menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), menerapkan sistem pembelajaran yang sesuai dengan RPP namun dapat berubah sesuai dengan kondisi kelas, menyiapkan dan memperhatikan kelengkapan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar adalah mengkondisikan kelas, membuka pelajaran,melakukan pendekatan dengan peserta didik, menyampaikan materi beserta tujuan disampaikannya materi yang akan dipelajari, menyampaikan metode apa yang digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu menggunakan multi strategi meliputi a) Strategi pembelajaran langsung dengan metode ceramah b) startegi interaktif dengan metode tanya jawab dan diskusi kelompok c) strategi eksperimen dengan metode penugasan dan menggunakn metode permainan kartu (Snowball Throwing), mencatat jawaban atau keterangan yang disampaikan oleh guru di papan tulis, berusaha menjawab pertanyaan dan mendapat penilaian guru, menutup kegiatan pembelajaran. (3) Evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Blitar adalah melakukan tanya jawab sebelum dan sesudah pelajaran, mengadakan ulangan harian, mengumpulkan tuga sharian, kehadiran disetiap pertemuan, memberikan remidi atau pengayaan yang nilainya masih kurang, PAT (Penilaian Akhir Tahun), penilaian langsung peserta didik, dan evaluasi melalui rapat dengan kepala Madrasah terkait startegi yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: wahyu tris 12201193073 Wahyu Trisnarika
Date Deposited: 29 Aug 2023 13:16
Last Modified: 29 Aug 2023 13:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39498

Actions (login required)

View Item View Item