PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

DINI YUSIANANINGTYAS, 2817123042 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Peserta Didik Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Dini Yusiananingtyas, NIM. 2817123042, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Maryono, M.Pd Kata kunci: Kooperarif, Example Non Example, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika di MI Thoriqul Huda, Kromasan, Ngunut, Tulungagung, yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar matematika, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 85% dari tujuan yang seharusnya tercapai, dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 75. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada mata pelajaran Matematika materi pecahan peserta didik kelas III Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung adalah sebagai berikut: (1) Pendidik menyampaikan kompetensi yang akan dicapai; (2) Pendidik menyajikan materi pecahan sebagai pengantar; (3) Pendidik membagi peserta didik menjadi tujuh kelompok; (4) Pendidik mempersiapkan media untuk diamati oleh peserta didik; (5) Pendidik memberikan gambaran yang benar mengenai pecahan, dan memberikan contoh gambaran yang salah mengenai pecahan, dan memberi kesempatan peserta didik untuk memperhatikan atau menganalisis gambar; (6) Melalui diskusi kelompok, hasil diskusi ditulis pada kertas yang telah disediakan oleh pendidik; (7) Selanjutnya pendidik memberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk menjelaskan hasil diskusi melalui perwakilan kelompok; (8) Pendidik mulai menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai; (9) Mengambil kesimpulan dari pelajaran yang telah dilakukan; (10) Peserta didik diberikan soal-soal untuk pendalaman materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus pertama adalah 74,55 yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 85,6 dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 11,10. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123042 DINI YUSIANANINGTYAS
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:04
Last Modified: 05 Jan 2017 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item View Item