PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN SEBAGIAN GUGATAN WANPRESTASI (Studi Putusan Nomor 0003/Pdt.G.S/2020/PA.TA Terhadap Wanprestasi Pada Akad Pembiayaan Musyarakah)

INDAH DWITA RAHMADHANI, 12101183099 (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN SEBAGIAN GUGATAN WANPRESTASI (Studi Putusan Nomor 0003/Pdt.G.S/2020/PA.TA Terhadap Wanprestasi Pada Akad Pembiayaan Musyarakah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Indah Dwita Rahmadhani, 12101183099, Pertimbangan Hakim dalam Mengabulkan Sebagian Gugatan Wanprestasi (Studi Putusan Nomor 0003/Pdt.G.S/2020/PA.TA Terhadap Wanprestasi Pada Akad Pembiayaan Musyarakah), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2022, Pembimbing: Dr. Dian Ferricha, S.H., M.H. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Wanprestasi, Akad Musyarakah. Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengajuan gugatan yang dilakukan Penggugat kepada Tergugat atas perbuatan tidak memenuhi kewajiban pembayaran sampai jatuh tempo yang menjadi kesepakatan pada akad pembiayaan Musyarakah. Namun dalam praktiknya akad tersebut tidak memenuhi objek akad (Mauqud alaih) yaitu konstribusi modal dari pihak Tergugat. Hilangnya salah satu dari semua rukun yang ada maka akad Musyarakah tersebut dapat dianggap rusak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pertimbangan hakim Pengadilan Agama Tulungagung dalam mengabulkan sebagian gugatan nomor 0003/Pdt.G.S/2020/PA.TA terhadap nasabah wanprestasi akad pembiayaan Musyarakah? 2) Bagaimana putusan hakim tentang akad Musyarakah yang dilakukan Koperasi Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Tulungagung kepada anggotanya? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian hukum normatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan hakim yang memutus perkara ini dan teknik dokumentasi terhadap sumber data dari Pengadilan Agama Tulungagung berupa salinan putusan Nomor 0003/Pdt.G.S/2020/PA.TA dan bahan pustaka lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan fakta hukum dan pertimbangan hakim mengacu pada ketentuan DSN-MUI dan rukun Musyarakah menyatakan akad yang dilakukan Penggugat dengan Tergugat tidak memenuhi objek akad (Mauqud Alaih) yaitu konstribusi modal dari pihak Tergugat, Tergugat juga tidak memenuhi kewajiban pembayaran sampai jatuh tempo yang menjadi kesepakatan pada akad pembiayaan Musyarakah. 2) Hakim mengabulkan gugatan dengan menganggap seperti utang piutang biasa dan menolak adanya akad Musyarakah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183099 INDAH DWITA RAHMADHANI
Date Deposited: 29 Aug 2023 14:57
Last Modified: 29 Aug 2023 14:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39529

Actions (login required)

View Item View Item