PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TAHUN AJARAN 2015/2016

FRANSISCA DWI SHINTA, 2814123081 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Fransisca Dwi Shinta, NIM. 2814123081, pembimbing Ibu Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic), Media Audio Visual, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang antusias dari peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan bersifat konvensional, sehingga sebagian besar peserta didik beranggapan bahwa matematika itu adalah pelajaran yang paling rumit dan membosankan, akibatnya adalah hasil belajar peserta didik menurun. Salah satu model pembelajaran yang tepat terkait kondosi tersebut adalah model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) melalui media Audio Visual. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada Pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru? (2) Berapa besar Pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru dan berapa besar pengaruh model pembelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuntitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample dan sampelnya berasal dari kelas VII A dan VII D. Dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa, data nilai raport siswa, hasil pekerjaan siswa selama pembelajaran, dan foto pelaksanaan selama penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengamati selama proses pembelajaran berlangsung, dan keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisi data menggunakan rumus t-tes. Hasil hitung menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 2,54 > 2,00172 dan sig. (2-tailed) <  = 0,05, yaitu 0,002 < 0,05, maka ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional, terbukti rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen > rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol, yaitu 88,93 > 84,5. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga kesimpulannya adalah ada pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan besarnya pengaruh adalah 5,24% yaitu berinterpretasi rendah. ABSTRACT Thesis with the title "The Effect of VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Learning Model by Audio Visual Media to Increase the Student Learning Outcomes of compilation for Student at Seventh Grade Junior high school 3 Kedungwaru Tulungagung Academic Year 2015/2016" written by Fransisca Dwi Shinta, NIM. 2814123081, guided by: Dewi Asmarani, M.Pd Keywords: The VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Learning Model, Audio Visual Media, Student Learning Outcomes. This research was motivated by a few attention in learning process. That was caused by conventional learning model used, until more of students consider that mathematic is a difficult and weary subject. So, that can cause decreasing student learning outcomes. One of instructional model to finish that problem is a VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) learning model by audio visual media wish the instruction activity of mathematic more good and optimal with VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) learning model by audio visual media. Formulation of the problem in this thesis are: 1) are there an effect of VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) learning model by audio visual media in student learning outcome for compilation subject student at seventh grade of Junior high school 3 Kedungwaru Tulungagung? 2) How much an effect of VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) learning model by audio visual media in student learning outcome for compilation subject student at seventh grade of Junior high school 3 Kedungwaru Tulungagung? . The purpose of this research is to knowing an effect of VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) learning model by audio visual media in student learning outcome for compilation subject student at seventh grade of Junior high school 3 Kedungwaru Tulungagung and how much an effect of that instructional model. Approach used in this research is quantitative approach. Type of the research is Quasi experimental study with purposive sampling. The sample from third grade A and third grade D. This research also use an observation, test, and documentation method. Documentation method used to get student name list, student value report, student assigment result, and the picture in research process. Observation method used to see instructional process and instructional done. Test method to know the student learning outcome of mathematic. Data analyzation use t-test formula. The result of account show taccount > ttable, is 2,54 > 2,00172 and sig. (2-tailed) <  = 0,05, is 0,002 < 0,05, so there are a different between experiment class taught by VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) learning model and control class taught by konventional method, evidenced the average of student learning outcome in experiment class > the average of student learning outcome in control class, 88,93 > 84,5. The data show that experiment class better than control class, so Ha is received and H0 is rejected. The conclusion show that there are VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) instructional model effect by audio visual media in student learning outcomes, subject of compilation, student at seventh grade of Junior high school 3 KedungwaruTulungagung, intermediate semester academic year 2015/2016. There are an effect 5, 24, and it is a low interpretation.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PENGARUH M 2814123081 FRANSISCA DWI SHINTA
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:39
Last Modified: 18 Oct 2016 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item View Item