STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH AL-HUDA KEDIRI

LIYA LAILATURROHMAH, 12201183149 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH AL-HUDA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Peserta Didik di Madrasah Diniyah Al-Huda Kediri” ini ditulis oleh Liya Lailaturrohmah, NIM. 12201183149, pembimbing Bapak Dr. Mohammad Ja’far Ashodiq, S.Kom., M. Pd. I. NIDN. 2014079001 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa perilaku indisipliner peserta didik dapat di atasi dengan strategi guru yang dilaksanakan dengan baik. Dengan fokus penelitian: (1) bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi perilaku indisipliner peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Huda, (2) bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi perilaku indisipliner peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Huda, (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengatasi perilaku indisipliner peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Huda. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi guru dalam mengatasi perilaku indisipliner peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Huda. Skripsi ini bermanfaat untuk para guru sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka mengatasi perilaku indisipliner peserta didik dan pembinaan serta peningkatan kedisiplinan, bagi peserta didik sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki perilaku. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian deskriptif kualitatif. Skripsi ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dekumentasi. Analisis data bersifat model interaktif yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru mengatasi perilaku indsipliner peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Huda cukup berhasil karena mampu memberdayakan keefektifan strategi yang disusun diantaranya yaitu strategi preventif dalam mengatasi perilaku indisipliner peserta didik, strategi kuratif didalam mengadakan pendekatan atau masalah kepada peserta didik. dan juga langkah penanganan secara umum cukup baik yang dilakukan guru dalam mengatasi perilaku indisipliner seperti memberikan teguran dan nasihat, memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang bermasalah tanpa menimbulkan kecemburuan sosial, menghubungi orang tua peserta didik mengenai perkembangan anaknya. Langkah penanganan khusus dan evaluasi strategi tergolong efektif seperti memberikan bimbingan dan pengertian akan cintah kasih dan sayang orang tua dalam mencari nafkah bagi dirinya, memberikan kontrol terhadap tingkah laku peserta didik, memberikan perhatian berupa tanggung jawab terhadap dirinya dan tanggung jawab terhadap kegiatan yang dilaksanakannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183149 LIYA LAILATURROHMAH
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:31
Last Modified: 25 Aug 2023 08:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39562

Actions (login required)

View Item View Item