PENGELOLAAN PROPERTI PADA KELUARGA PETANI DALAM PERSPEKTIF MUBADALAH (Studi Kasus di Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

KHUSNIATUN NISAK, 12102193088 (2023) PENGELOLAAN PROPERTI PADA KELUARGA PETANI DALAM PERSPEKTIF MUBADALAH (Studi Kasus di Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Khusniatun Nisak, 12102193088, Pengelolaan Properti pada Keluarga Petani dalam Perspektif Mubadalah (Studi Kasus di Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung), Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Arifah Millati Agustina, M.H.I Kata Kunci: Pengelolaan, Properti, Keluarga Petani, Mubadalah Penelitian ini pada dasarnya dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis pada keluarga petani yang petani merupakan sumber mata pencaharian satu-satunya dalam keluarga tersebut. Properti merupakan harta kepemilikan dari seseorang berupa tanah dan bangunan yang menjadi sarana dan prasarana yang ada didalamnya Pengelolaan properti pada keluarga petani dilakukan dengan pengelolaan lahan dan hasil panen. Suami dan istri saling membagi tugas dalam pengelolaan properti. Penulis juga ingin mengimplementasikan mubadalah dalam kajian yang lebih luas. Fokus penelitian dalam kajian ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan properti pada keluarga petani di Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana pengelolaan properti pada keluarga petani dalam perspektif mubadalah? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pengelolaan properti pada keluarga petani di Desa Betak Kecamatan Kalidaiwir Kabupaten Tulungagung 2) Mendeskripsikan pengelolaan properti dalam perspektif mubadalah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan peneliti adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data: triangulasi waktu, triangulasi data, triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan properti pada kehidupan suami istri, mereka saling membagi tugas satu sama lain. Tugas masing-masing suami istri adalah jika pihak suami mengelola dari tanam hingga panen, maka pihak istri mengelola hasil panennya. Apabila mereka mengalami kendala dalam pengelolaan properti, mereka saling menerima dengan apa yang didapat, mereka telah berusaha semaksimal mungkin untuk hasil terbaik. Suami istri memandang sejajar satu sama lain dan tidak ada yang merasa lebih tinggi. 2) Konsep-konsep Mubadalah dalam pengelolaan properti keluarga petani, adalah mu’adalah (keadilan antar pasangan), mu’awanah (kerjasama antar pasangan) dan muwazanah (keseimbangan antar anggota keluarga). Dalam perspektif mubadalah peran laki-laki dan istri dianggap sejajar, sehingga dalam pengelolaan properti suami dan istri saling dilibatkan dalam pengelolaannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102193088 KHUSNIATUN NISAK
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:06
Last Modified: 14 Sep 2023 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39565

Actions (login required)

View Item View Item